-->

Mengenal Ciri Burung Jalak Kebo Lebih bersahabat Plus Gambarnya

Burung Jalak Kebo sesungguhnya mempunyai beberapa nama panggilan, antara lain: jalak hitam, jalak ungu, jalak kerbau dan jalak penyu. Dalam bahasa latinnya pengicau berukuran sedang ini disebut Acridotheres javanicus. Terlepas dari nama-nama yang disandangnya tersebut, Jalak Kebo termasuk salah satu jenis burung jalak yang juga banyak dipelihara di kalangan pecinta burung tanah air.

jalak kebo

Di habitat aslinya, burung jalak kebo boleh dibilang berteman baik dengan kerbau. Buktinya jalak kebo atau dalam bahasa inggrisnya disebut White vented myna tersebut sering bertengger di punggung kerbau untuk mencari makanan gratis berupa kutu dan serangga yang menempel di badan kerbau tersebut. Nah, karena kebiasaan unik itulah tidak mengherankan bila kemudian beliau dikenal dengan sebutan Burung Jalak Kebo.

Ciri khas kicauan burung jalak kebo biasanya terdengar riuh dan berisik. lantaran pengicau berperawakan hitan nan gagah ini termasuk burung yang crewet. Jadi sangat tepat sekali bila anda menginginkan suasana sekitar rumah lebih ramai. sebetulnya jalak kebo juga bisa meniru kicauan burung lain. Kaprikornus sangat dianjurkan dalam perawatan sebaiknya memberikan pelatihan master agar bunyi nyanyiannya lebih bervariasi.

Jalak kebo selain sanggup menggandakankan bunyi burung lain, dia juga mampu meniru perkataan manusia meskipun sepatah duapatah kata saja. Kecerdasan jalak kebo memang tak sebanding dengan kecerdasan Burung Beo yang mana kemampuan berbicaranya sudah tersohor kemana-mana. Walaupun begitu, jalak kebo tetap diminati karena dari segi harga sangat murah dan dari sisi penampilan juga tak kalah menarik.

Adapun penyebaran burung jalak kebo di Indonesia banyak ditemukan di pulau Jawa, Bali dan Sumatera. Sedikitnya ada 2 jenis jalak kebo yang dikenal masyarakat kita, yaitu jalak kebo mata kuning dan jalak kebo mata putih. Dari kedua jenis burung tersebut, rupanya di kalangan kicau mania lebih mengunggulkan jalak kebo bermata kuning lantaran diyakini mempunyai bunyi kicauan lebih mumpuni.

Ciri-Ciri Jalak Kebo / Javan Myna

  • Warna bulu secara umum dikuasai hitam legam dan ungu kehitaman.
  • Terdapat sedikit strip putih di sayap, tunggir dan ujung ekor putih.
  • Kepala, ekor dan ujung sayap warnanya hitam pekat.
  • Postur tubuhnya yaitu sekitar 25 cm.
  • Terdapat jambul yang tersusun rapi di pangkal paruh.
  • Memiliki paruh, kaki dan jemari yang warnanya kuning.
  • Saat masih cukup umur / muda bulu-bulunya cendrung lebih coklat.
  • Ciri-ciri jalak kebo jantan yaitu postur lebih panjang dan bsesar.
  • Sedangkan ciri-ciri jalak kebo betina tubuhnya cendrung lebih kecil.
  • Bola mata ada yang kuning dan putih tergantung jenisnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai burung jalak kebo / jalak hitam yang mana pengicau satu ini mempunyai kebiasaan unik karena kedekatannya dengan binatang berjulukan kerbau / kebo guna mencari serangga yang ada di tubuh kerbau. Selain serangga atau kutu, jalak kebo juga doyan memakan jangkrik, belalang juga buah-buahan semisal papaya dan pisang dain lain sebagainya.

0 Response to "Mengenal Ciri Burung Jalak Kebo Lebih bersahabat Plus Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel