-->

Mengenal Ciri-Ciri Burung Trucukan Lebih erat Plus Gambar nya

Burung Trucukan atau dalam bahasa internasional dikenal dengan nama Yellow vented bulbul merupakan jenis burung yang dianugerahi bakat berkicau luar biasa, khususnya dalam membawakan sebuah nyanyian ropel. Dimana ciri khas gaya berkicau ngeropel itu juga biasa dibawakan oleh kerabat eratnya, yaitu Cucak Rowo. Kedua burung tersebut sama-sama dinilai berkualitas dari segi bunyi gacorannya, namun keduanya memiliki pangsa pasar dan penggemar tersendiri.

Burung Trucukan

Trucukan juga umum disebut Burung Trucuk, Merbah Cerukcuk atau Jogjog dimana penyebutan nama tersebut mengacu pada burung bersuara merdu dengan nama ilmiah Pycnonotus goiavier.  Di alam bebas, populasi burung trucukan ini bisa dibilang cukup banyak. karena sering terlihat berkeliaran di sekitar pemukiman warga, semak belukar, perkebunan, pinggir jalan. Dan kerap dijumpai memakan buah chery, pisang dan pepaya di pohonnya. Trucukan juga gemar memakan serangga seolah-olah jangkrik, belalang, keuntungan-laba dan kupu-kupu.

Burung kicau berjulukan trucukan ini mempunyai ciri khasnya sendiri sebagai salah satu jenis binatang peliharaan favorit kicau mania. Adapun karakteristik cerukcuk ialah suka berkicau ngeropel terkadang sembari membuka merentangkan sayap (nggaruda) meski gres bangun tidur di pagi hari. Itulah sebabnya banyak orang terpikat untuk memelihara dan merawatnya. Kebiasaan ini terbilang unik, alasannya tidak semua burung kicau terbiasa menyanyikan sebuah kicauan ropel yang merdu terlebih di pagi buta saat matahari belum terbit.

Nah untuk mengenal lebih dekat dengan pengicau yang masih bersaudara dengan burung kutilang ini, yuk simak ciri-ciri fisik / penampilan bulu lebih mendetail berikut ini.

Ciri-Ciri Trucukan / Yellow Vented Bulbul

  • Warna bulu coklat kelabu gelap pada sisi atas dan putih kusam di sisi bawah.
  • Postur tubuh sekitar 20 cm di ukur dari ujung ekor sampai ujung paruh.
  • Mempunyai mahkota atau jambul kehitaman di belahan atas kepala.
  • Bulu-bulu halus yang menutupi area pantat berwarna kuning cerah.
  • Trucukan jantan posturnya lebih besar daripada trucukan betina.
  • Ciri khas bunyi trucukan ngeropel dengan kualitas alunan lagu sangat merdu.
  • Sering memekarkan kedua sayap “Garuda” ketika sedang berkicau untuk menandakan daerah teritorialnya.

Demikian ulasan singkat mengenai seluk beluk dan ciri-ciri burung trucukan yang sanggup ditulis dan diposting melalui blog BurungBabe kali ini. Bagi kalian yang ingin menikmati bunyi nyanyian burung trucukan dengan kualitas sangat mumpuni, maka peliharalah trucukan jantan. lantarann kemampuan melantunkan lagu ngerol ngropel panjang dinilai lebih jago ketimbang trucukan betina.

Namun mungkin bagi sebagain sahabat-teman khususnya yang anabawang ada yang masih belum tahu perbedaan burung trucukan jantan dan betina, silahkan baca ukiran pena berikut wacana cara membedakan trucukan jantan dan betina yang jitu dan akurat.

0 Response to "Mengenal Ciri-Ciri Burung Trucukan Lebih erat Plus Gambar nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel