-->

Mengenal Ciri-Ciri Burung Cucak Rowo / Rawa Lebih bersahabat

Burung Cucak Rowo atau cucak rawa atau yang juga disebut Straw headed bulbul dalam bahasa inggris merupakan jenis burung kicau dari suku merbah atau cucak-cucakan yang mempunyai ciri khas bunyi kicauan sangat keras dengan tipe ngerol dan ropel. Itulah yang menjadi keunggulan utama yang sangat disukai oleh para penggemarnya. Jadi Jangan heran kalau kemudian pengicau sekaliber Cucak Rowo ini begitu terkenal di Indonesia.

burung cucak rowo

Daya tarik paling menonjol dari burung kicau berjulukan latin/ilmiah Pycnonotus zeylanicus ini memang terletak pada kualitas kemampuan berkicaunya yang sangat memukau dan volumenya membahana membuatnya menjadi salah satu hewan peliharaan paling favorit untuk dinikmati kicauan merdunya di rumah. Segala kelebihan yang dimiliki cucak rowo ini berpengaruh terhadap harga pasarannya, dimana harga burung Cucak Rowo melambung tinggi.

Karena harga burung Cucak Rowo yang terbilang mahal, maka pengicau handal yang masih satu spesies dengan burung trucukan ini sering disebut burung kelas elit. Lantaran memang harga cucak rawa terbilang sangat mahal. Itulah sebabnya banyak penangkar yang lalu tidak menyia-nyiakan peluang emas ini untuk membudidayakan burung cucak rowo untuk mengais rezeki halal.

burung cucak rawa

Persebaran burung cucak rowo hampir menyeluruh ke banyak sekali pulau di tanah air. yaitu mulai dari semenanjung Malaya sampai Pulau Jawa. Di habitat aslinya, Cucak Rowo sangat menyukai dataran-dataran rendah, rawa-rawa, daerah erat sungai - anak sungai dan  perkebunan rindang. Nah, biar sanggup mengenali ciri-ciri cucak rawa lebih detail simak rangkuman berikut.

Ciri-Ciri Cucak Rowo / Straw Headed Bulbul

  • Warna bulu punggung coklat zaitun bercoret putih.
  • Warna bulu dada dan leher abu-abu yang bercoret putih.
  • Postur badan sedang dengan ukuran sekitar 28 cm.
  • Sayap dan ekor berwarna kehijauan / hijau coklat zaitun.
  • Dagu dan tenggorokan tampak putih atau keputihan.
  • Bagian perut warnanya debu-abu dan pantat kuning.
  • Iris mata berwarna kemerahan dan paruh hitam.
  • Kaki dan jemarinya punya warna coklat gelap.
  • Mahkota dan bulu pendengaran berwarna kuning jerami pucat.

Itulah pembahasan mengenai karakteristik atau ciri fisik burung cucak rowo beserta keunggulan yang BurungBabe publikasikan di kesempatan ini. Perlu dipahami juga bahwa di Indonesia ada beberapa sub spesies burung Cucak Rawa / Cucak Rowo yang mana penamaannya merujuk pada wilayah asalnya ialah Cucak Rowo Medan, CR Kalimantan, CR Lampung, CR Aceh dan CR Jambi. Dari semua varian jenis tersebut secara balutan warna bulu relatif sama.

0 Response to "Mengenal Ciri-Ciri Burung Cucak Rowo / Rawa Lebih bersahabat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel