-->

Mengenal Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Beserta Gambar dan Lainnya

Burung Jalak Suren yang dalam bahasa ilmiahnya disebut Gracupica contra merupakan burung kicau yang mempunyai kemampuan berkicau luar biasa diantara jenis burung jalak lainnya. Secara umum ada beberapa sub spesies jalak suren yang dikenal para penggemarnya, yaitu Jalak suren jawa (gracupica contra jalla), Jalak suren kalimantan (gracupica contra floweri), Jalak suren borneo dan Jalak suren malaysia.

burung jalak suren

Namun jalak suren jawa lebih diunggulkan dari pada jenis jalak suren lainnya. Hal ini dikarenakan jalak suren jawa diyakini punya kualitas lebih setuju ketika berkicau, terutama pada variasi lagu nyanyiannya. Tapi bukan berarti jenis jalak lain punya kualitas jelek dalam berkicau. Yang jelas ciri khas dan kapasitas setiap varian jenis jalak suren itu punya kelebihan tersendiri.

Jalak Suren termasuk burung cerewet. karena kebiasaannya selalu ingin berkicau. Selain itu, pengicau yang dalam bahasa internasional dinamakan Asian pied starling / myna tersebut juga dikenal sebagai burung yang mampu mengenali pemiliknya dengan baik. jika ada orang ajaib di sekitar rumah maka ia akan bersiul keras. Kaprikornus jalak suren bisa dikatakan burung ideal untuk dijadikan hewan peliharaan sebagai penjaga rumah.

Adapun penyebaran burung jalak suren di Indonesia sendiri banyak di temukan di pulau Jawa, Kalimantan dan Bali. Di habitat aslinya, Jalak Suren sering menghabiskan waktunya di wilayah akrab perairan terbuka. Dan kuliner kesusakaan jalak suren adalah buah-buahan manis seolah-olah pisang, pepaya, dsb. Selain itu, burung berjambul ini juga doyan makan jangkrik, belalang, cacing tanah, ulat, kupu-kupu dan serangga kecil lainnya.

Ciri-Ciri Burung Jalak Suren

  • Warna bulu didominasi hitam dan putih.
  • Postur badan sedang yaitu sekitar 20-24 cm.
  • Memiliki lingkar / kelopak mata warna jingga.
  • Warna bulu di dahi, pipi, perut, garis sayap dan tunggir hitam.
  • Namun ketika masih anakan / muda warna hitamnya agak colat.
  • Saat sudah sampaumur maka warna coklat tadi berubah Makara hitam.
  • Di atas kepala terdapat jambul klimis full hitam yang mampu ngembang (js jawa)
  • Paruhnya cukup panjang, tajam dan berwarna full putih gading (js jawa).
  • Kaki jingkring / panjang yang berbalut warna kuning.
  • Cara terbang relatif lambat malahan diyakini gaya terbangnya ibarat kupu-kupu.

Demikianlah beberapa ciri umum yang dimiliki oleh burung jalak suren jawa atau lokal. Penting pula untuk anda ketahui bahwa di pasaran umumnya terdapat 2 sub spesies yang cukup terkenal di kalangan para penggemar burung jalak yaitu jalak suren jawa dan jalak suren sumatera.

Nah bagi anda yang mungkin masih kebingungan membedakan burung jalak suren sumatra dan jawa sebaiknya anda mesti tahu ciri-ciri nya supaya tidak salah menentukan atau terkecoh dikala hendak membelinya ke penjual atau pedagang.

Adapun ciri-ciri jalak suren sumatera dialah warna jambulnya terdapat variasi putih dan pangkal paruh berwarna oranye. Sedangkan ciri jalak suren lokal / jawa dialah jambul berwarna hitam (full) dan paruhnya berwarna putih gading (full). Itulah ciri khsusus yang Praktis dikenali baik pada jalak sumatera maupun pada jalak suren jawa lokal. Silahkan coba anda bandingkan anatar gambar jalak suren sumatera di bawah ini dengan gambar jalak suren jawa di atas. (GAMBAR..)


Semoga menjadi berita perhiasan. Salam BurungBabe.com

0 Response to "Mengenal Ciri-Ciri Burung Jalak Suren Beserta Gambar dan Lainnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel