-->

Jenis Penyakit Dan Hama tanaman cabai Disertai Cara Pengendaliannya

Bagi Anda yang ingin sukses dalam perjuangan budidaya cabai, Anda perlu mengetahui apa saja jenis-jenis penyakit maupun hama pada tanaman cabai. lalu akan kami sampaikan juga Cara mengatasi atau mengobati tumbuhan cabe yang terkena penyakit atau hama. Setidaknya untuk bisnis cabe ini sangat butuh keseriusan lantaran modal yang akan dikeluarkan tidaklah sedikit. Makara kalau sudah terjun di dunia budidaya cabai ini harapanya butuh totalitas merawat cabai supaya bisa panennya bisa sukses.
Contoh penyakit yang sering muncul pada tanaman cabai :
Hama tanaman cabe Disertai Tutorial Pengendaliannya
bercak daun
1. Penyakit bercak daun
Pernahkan Anda melihat bercak daun yang bundar berwarna bubuk-abu dan pinggirannya berwarna coklat? jikalau tanaman cabe sudah banyak yang terkena demikian akan timbul warna kuning pada tanaman cabai dan hasilnya daunnya berguguran. Hal yang menyebabkan terjadinya bercak daun pada cabe ialah jamur Cercospora capsici.
Penyakit bercak daun ini sering muncul pada waktu animo penghujan karena faktor kelembapan yang tinggi.
Untuk mencegah adanya bercak daun, sebaiknya penanaman tanaman cabe diberi jarak yang cukup biar penyakit bercak daun tidak menular. kemudian penanaman juga pada tempat yang terbuka agar tingkat kelembapan tidak terlalu tinggi. Kalau tempat kita menanam cabe di tempat yang rimbun akan menyebabkan kelembapan yang tinggi.
Untuk mengatasi bercak daun pada tanaman cabe mampu diberikan obat “Fungisida” yang tersedia di toko pertanian terdekat.
Jenis Penyakit Dan Hama tumbuhan cabe
busuk pada cabai yang siap panen
2. Penyakit busuk pada cabe
Pada waktu cabe mendekati panen, tiba-tiba cabai yang masih muda tiba-tiba membusuk. Hal ini sering menyebabkan kerugian yang besar pada petani cabai. Penyakit basi tersebut timbul pada cabang cabai dan pada kuncup cabe. Penyebab bau ini Phytophthora capsici.
Penyakit busuk cabe ini sering muncul pada waktu musim hujan. Penyebaran dari kedaluwarsa ini juga terlalu cepat. Untuk itu dikala penanaman cabe perlu diatur jarak sedemikian rupa sehingga tumbuhan cabai tidak simpel tertular oleh tumbuhan cabe lain yang terkenan ifeksi virus atau jamur.
Untuk mengatasi busuk pada cabai bisa dilakukan dengan penguranan pemberian pupuk yang banyak mengandung Nitrogen seperti pupuk Urea dan pupuk ZA. Sebaiknya tanaman yang sudah terinfeksi oleh jenis jamur ini harus segera dibakar biar tidak menyerang tanaman cabai lainnya.
Jenis Penyakit Dan Hama tumbuhan cabai
patek pada cabai
3. Penyakit patek
Ciri penyakit patek pada tanaman cabai adalah ada yang mati pada belahan pucuk dan timbul kedaluwarsa kering pada daun. Penyakit ini disebabkan oleh jamur Colletotrichum capsici. Pada benih semaian cabai ini tandanya layu. Penyakit ini juga dimungkinkan terbawa pada benih cabe.
Untuk mencegah penyakit ini harus pintar dalam menentukan bibit cabai. Untuk hasil terbaik, belilah bibit cabe yang tersedia di toko pertanian. Tutorial mengatasi patek pada tanaman cabai bisa disemprot obat jamur atau fungisida yang tersedia di toko pertanian.
Jenis Penyakit Dan Hama tumbuhan cabe
keriting pada cabai
4. Penyakit keriting pada cabe
Ciri-ciri penyakit keriting ialah daun tanaman cabe mengeriting, pertumbuhan terhambat, warna daun hijau renta, dan tulang daun menguning.  Penyakit ini disebabkan oleh oleh virus Cucumber Mosaic Virus. Untuk mengendalikan penyakit ini ialah dengan mengurangi tingkat kelembapan dan santunan pupuk NPK.
Jenis Penyakit Dan Hama tanaman cabai
layu pada cabai
5. Penyakit layu pada cabe
Penyakit layu disebabkan oleh tempat yang kurang cocok untuk lahan cabe. contohnya tempat yang kering mengandung zat kapur atau tempat yang banyak mengandung tanah lempung akan menyebabkan tanaman cabe praktis layu jika terkena sinar matahari. lalu penyabab lainnya ialah tanah tempat cabe terlalu asam.
Berbagai jenis hama pada tanaman cabe
Jenis Penyakit Dan Hama tumbuhan cabe
ulat pada cabe
1. Hama ulat
Munculnya ulat pada tanaman cabe mengakibatkan daun cabai menjadi bolong-bolong dan bahkan habis. tumbuhan ulat ini dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman cabai menjadi terhambat. Daun yang fungsinya untuk melaksanakan fotosintesis semakin berkurang. Ulat ini mulai muncul pada waktu malam hari maupun pada waktu yang teduh.
Untuk mengatasi hama ulat pada tanamana cabe mampu dilakukan penyemprotan dengan obat kimia yang sudah tersedia di toko pertanian terdekat.
Jenis Penyakit Dan Hama tanaman cabe
kutu daun
2. Hama kutu daun pada cabe
Hama kutu daun ini menyerap sari kuliner pada daun sehingga daun mejadi kering dan keriting. Untuk mengatasi hama kutu daun bisa dilakukan penyemprotan dengan pestisida pada waktu sore hari lantaran kutu daun paling banyak muncul pada waktu sore.
Baca Panduan Cara budidaya cabai agar sukses panen
Jenis Penyakit Dan Hama tanaman cabe
lalat pada cabai
3. Hama lalat buah pada cabe
Lalat buah yang menyeang tanaman cabe ini menimbulkan cabe yang masih muda menjadi rontok. Apabila kita membelah cabai terdapat larva atau belatung. Untuk mengatasi ini bisa dikendalikan dengan obat insektisida dengan Tutorial menyemprotkannya pada tanaman. Hama lalat buah ini sering menjadi pemicunya gagal panen.

0 Response to " Jenis Penyakit Dan Hama tanaman cabai Disertai Cara Pengendaliannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel