-->

Panduan Tutorial menanam cabai rawit di polybag pada halaman rumah

Cara menanam cabai rawit di polybag – Mempunyai rumah yang halamannya luas kita bisa berkreasi. kalau Anda suka berkebun, bisa Anda tuangkan kreasi tersebut dengan menanam cabai rawit. Kata almarhum Bob Sadino, “punya hobi yang bisa mendatangkan uang”. cabe rawit memiliki nilai jual yang lumayan. jika Anda menekuni dengan budidaya cabai rawit dengan polybag di halaman rumah saya yakin akan mendatangkan pundi-pundi uang yang akan siap mengisi kantong Anda.
Cara menanam cabai rawit di polybag pada halaman rumah
tanaman cabai rawit siap di panen
Dengan menanam cabe rawit di polybag mampu mempercantik halaman rumah kita. Selain itu bisa mengkampanyekan hidup sehat dengan “Go Green”. Usahakan tumbuhan tersebut juga bebas dari pestisida. Dengan demikian, produk panen cabe rawit kita termasuk jenis organik yang mempunyai nilai jual yang tinggi. Tidak menutup kemungkinan dikala ini para petani yang menyemprotkan obat-obatan kimia pada cabe yang sedang tumbuh. Memang tujuannya untuk membasi hama namun disisi kesehatan kurang baik. materi pestisida tersebut menempel pada cabe yang kemudian akan dikonsumsi oleh manusia. lama kelamaan senyawa kimia tersebut akan menumpuk pada tubuh manusia yang mampu memicu kanker.
1. Pemilihan bibit cabai rawit yang simpel
Saran saya semoga kita bisa mendapatkan bibit cabe rawit yang praktis ialah kita membeli bibit yang sudah siap tanam di toko pertanian. Untuk harga satu bungkus bibit cabe isi 10 gram sekitar Rp10.000 sampai R30.000. kalau Anda ingin menciptakan benih sendiri juga tidak kasus. Tutorialnya yaitu pilih bibit cabe rawit yang besar dan isi cabenya penuh. Tentu pilih cabai yang sudah renta. Jemur seharian benih cabe tersebut dan pisahkan biji cabai dan kulitnya.
Cara menanam cabe rawit di polybag pada halaman rumah
tempat semaian cabe yang sederhana
2. Cara menciptakan daerah semaian cabe rawit
Sebelumnya di artike Cara menanam cabai rawit, aku sudah menyampaikan cara membuat semaian cabai yang benar. setuju saya akan menjelaskan kembali. jika menanamnya ada di halaman rumah, cukup buat kawasan semaian yang kecil saja. misalnya ukuran 50 cm x 5 cm sudah cukup. Siapkan tanah yang subur kemudian dicampur dengan pupuk kandang. Porsinya 1 : 1. Letakan pada daerah semaian dan buat semaian yang rata.
Sebelum benih cabai di semai, rendam benih cabai selama 6 jam. kemudian esok harinya benih cabai siap di tebarkan di atas daerah semaian. Siram semaian cabai secara teratur pada waktu pagi dan sore hari.
Tunggu hingga usia cabai mencapai 2 minggu. kemudian pilih tanaman cabe yang paling bongsor atau paling tinggi untuk ditanam di masing-masing polybag.
3. Pembuatan polybag
Yang perlu Anda siapkan untuk polybag siap tanam adalah ukuran plasti polybag ukuran 20 cm sampai 30 cm. aku sarankan yang ukuran 30 cm semoga pertumbuhan tanaman cabe rawit mampu maksimal dan dapat berdiri kokoh.
Pembuatan isi polybag dari tanah, pupuk sangkar, dan sekam padi. Perbandingannya yaitu 1 : 1 : 1. Untuk pupuk sangkarnya sebaiknya yang sudah hancur atau dilembutkan terlebih dahulu semoga mampu tercampur rata dengan tanah.
Pembuatan polybag ini dibuat setelah pembuatan semaian benih cabai. Kaprikornus kalau semaian sudah Kaprikornus kita tinggal pribadi menanam di polybag.
4. Cara menanam bibit cabe di polybag
Setelah benih cabai ukurannya sekitar 15 sampai 20 cm. Dan juga sudah tumbuh 4 sampai 6 helai daun pilihlah tumbuhan cabe yang paling manis untuk ditamani di polybag. Satu polybag ditanamani satu tanaman cabe. Ketika memindahkan tanaman cabe, hendaknya tanah dari kawasan semaian juga diikutkan. Tujuannya ialah biar tanaman cabe tidak simpel mati sehabis beberapa hari dipindahkan ke daerah polybag.
5. Tutorial perawatan cabe rawit di polybag
A. Penyiraman
Jika matahari terlalu panas atau terik, sebaiknya penyiraman dilakukan pada waktu pagi dan sore hari. Apabila dalam suasana yang tidak terlalu panas, penyiraman bisa dilakukan sekali sehari yaitu pada waktu pagi hari saja atau sore hari saja. Perhatikan kelembapan atau tingkat kebasahan polybag. Kaprikornus jangan terlalu banyak ketika menyiram airnya yah!. Secukupnya saja.
B. Pemupukan
Pemupukan dilakukan setiap satu bualn sekali atau paling tidak 1,5 bulan sekali. Pupuk yang digunakan saya sarankan pupuk jenis NPK yang elok untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman cabe.
C. Penanganan hama dan penyakit
Ada dua alternatif untuk penanganan hama dan penyakit ialah secara kimia dan secara organik. Untuk penanganan secara kimia kita tinggal membeli pestisida untuk menangani serangga dan fungisida untuk mengatasi jamur pada cabai. jika Anda menggunakan jenis bahan kimia, sebaiknya gunakan secukupnya saja.
Untuk menangani ulat atau serangga pada tanaman cabai, mampu di atasi dengan tanaman brotowali. Caranya yaitu dengan menciptakan ekstrak daun brotowali. Ambil segenggan daun brotowali lalu ditumbuk hingga halus. Campurkan dua gayung air dan semprotkan pada tumbuhan cabai yang terkena serangga dan ulat.
Untuk mengatasi hama jamur pada cabe, Anda mampu membut ramuan dari bahan bawang putih dan jahe. Caranya adalah dengan menumbuh bawang putih dan jahe secukupnya kemudian campurkan dengan air. Semprotkan pada tumbuhan yang sedang terkena jamur.
Baca Jenis-jenis hama dan penyakit pada tanaman cabai disertai Tutorial mengatasinya
6. Cara memanen cabe rawit yang benar
Setelah cabe rawit terlihat sudah renta, saatnya kita memanennya. Untuk waktu memanennya pun tidak sembarangan. Tutorial memanen cabai rawit yang benar adalah pada waktu pagi. Pada pukul 6 pagi hingga jam 9 pagi. Tujuannya adalah kestabilan metabolisme pada tumbuhan cabe tidak terganggu.

0 Response to "Panduan Tutorial menanam cabai rawit di polybag pada halaman rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel