-->

Cara Ternak Burung Kacer semoga Cepat Bertelur dan Menetas

Cara Ternak Burung Kacer | Burung kacer yaitu salah satu jenis burung pengicau paling eksotis dan favorit di kalangan kicau mania Indoneisa. Buktinya kelas Istimewa burung kacer terus eksis dari dulu sampai kini. alasannya burung kacer itu sendiri selain berpenampilan sangar dia juga beliaunugerahi kemampuan berkicau yang sungguh mengagumkan. Dengan alasan itulah, maka ternak burung kacer akan menjadi peluang perjuangan yang cukup menguntungkan.

cara ternak kacer

Bagi anda yang memang seorang pecinta burung kicau tentu tidak akan bosan dikala melakukan penangkaran kacer. Malahan dengan ­budidaya kacer akan menghadirkan kesenangan tersendiri bagi peternak. Namun penangkaran akan berujung kebosanan kalau upaya pembudidayaan kacer tidak berjalan lancar. Misal kacer tidak segera berjodoh, tidak bertelur sehingga tidak menghasilkan anakan. lantaran itulah, Burungbabe berbagi tips ternak kacer yang sukses untuk pemula.

Sebelum anda mulai beternak burung kacer alangkah lebih baiknya bila anda tentukan dulu jenis kacer apa yang hendak diternak. aku sarankan.. pertama pilih Kacer Poci (Oriental magpie robin), pilihan kedua Kacer Jawa (Seychelles magpie robin). lantaran kedua jenis burung tersebut yang paling diminati terutama kacer poci. Semisal anda mampu menghasilkan anakan kacer berkualitas dengan jumlah banyak pasti tidak akan mengalami kesulitan berarti ketika mau menjual anakan hasil penangkaran.

Cara Ternak Burung Kacer


#1 Siapkan sangkar Penangkaran Ideal 

Beternak burung kacer sanggup dilakukan menggunakan kandang permanen mapun sangkar gantung. Kedua jenis kandang tersebut sebetulnya menyesuaikan dengan kondisi lahan di sekitar rumah anda. Misal lahan sempit maka bisa gunakan sangkar gantung saja.

Adapun ukuran kandang gantung yang ideal sekitar 50x50x70 cm. Sedangkan khusus sangkar permanen atau professional ialah 90x90x150 cm. sesungguhnya ukuran kandang ternak kacer itu mampu anda ubah sesuai keinginan maupun kondisi lahan yang ada. Asalkan jangan hingga ukuran sangkar kekecilan lantaran dapat mensugesti tingkat keberhasilan penangkaran.

Di dalam sangkar penangkaran kacer jangan lupa untuk menyediakan daerah pakan dan minum serta sarang daerah bertelur yang sudah dilengkapi dengan daun cemara dan rumput kering. Sarang kacer mampu dibuat berbentuk kotak dengan ukuran kira-kira 20x20x20 cm dari materi papan triplex. Atau bisa juga dibuat dari kayu atau kelapa yang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah sarang unik yang disukai burung.

*Keunggulan ternak kacer metode sangkar gantung

Keuntungan metode sangkar gantung ialah irit daerah, mudah dan fleksibel. Artinya sangkar sanggup dipindah-pindah misal ingin menjemur, membersihkan sangkar maka bisa dipindah ke luar dengan mudahnya. Meski demikian pemindahan sangkar tetap harus dilakukan dengan hati-hati biar burung tetap damai, tidak terganggu dan tidak stres.

*Keunggulan ternak kacer metode sangkar permanen

Keuntungan metode sangkar permanen yaitu indukan cendrung lebih sehat karena si burung lebih leluasa bergerak bebas dan indukan relatif lebih hening sehingga berpotensi bereproduksi secara maksimal.

#2. Siapkan Sepasang Burung Kacer

Setelah sangkar disiapkan maka pemilihan indukan juga menjadi faktor penting apakah akan berhasil atau gagal. Oleh alasannya itu, pilih induk kacer yang sudah matang kelamin atau sudah arif balig cukup budi atau jikalaulau memungkinkan pilihlah indukan yang sudah pernah menghasilkan anakan sebelumnya.

*Ciri-ciri induk kacer yang cantik dan produktif

Khusus kacer jantan sebaiknya pilih yang rajin gacor dengan postur yang ideal dan tidak cacat. Begitu juga dengan kacer betina alangkah lebih baik pilih yang sudah birahi atau matang kelamin dengan bentuk badan yang proporsional dan tidak cacat. Khsusus burung betina usianya minimal 1 tahun dan untuk pejantan minimal umurnya 1.5 atau 2 tahun.

#3. Penjodohan Kacer yang Baik dan Benar

Proses penjodohan burung kacer juga menjadi faktor sangat penting apakah pembudidayaan akan  gagal atau sukses. Maka dari itu, anda wajib tahu Tutorial menjodohkan kacer yang hendak diternak.

*Cara penjodohan metode sangkar gantung

Cara pertama yang mampu anda lakukan ialah mendekatkan kedua kacer jantan dan kacer betina memakai 2 sangkar terpisah sekitar 1 - 2 minggu. kalau keduanya sudah terlihat saling mendekat dan tampak akur maka anda mampu menyatukannya dalam sangkar penangkaran berupa sangkar gantung tersebut.

*Cara menjodohkan metode sangkar permanen

Pertama anda sanggup saling dekatkan kedua burung menggunakan 2 sangkar berbeda kurang lebih 7 harian. Kemudian pindahkan dan melepas kacer betina pada sangkar penangkaran permanen yang telah dibuatkan. lalu masukan kacer jantan beserta sangkar gantungnya di dalam sangkar ternak sekitar 1 minggu. Makara jangan dilepas secara bersamaan.

Hal ini berkhasiat untuk mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan seakan-akan berantem saling melukai satu sama lain. bila keduanya sudah terlihat akur dan saling mendekat di dalam sangkar permanen lantas anda sanggup lepas kacer jantan di dalam sangkar ternak tersebut biar keduanya saling bercumbu dan melaksanakan ritual perkawinan. Walaupun di awal-awal biasanya mereka tidak akan langsung kawin.

#4. Bertelur dan pengeraman

Jika kedua burung sudah saling jodoh, maka tidak lama lagi kacer jantan akan mengawini kacer betina, kemudian si betina akan segera bertelur. Adapun jumlah terlur kacer yang ideal adalah 3 butir telur per masa. Namun ada pula yang hanya 2 bahkan 1 butir saja. Namun ketika kacer hanya bertelur 1 butir atau tunggal jangan berkecil hati, karena mampu jaadi anakan tersebut akan tumbuh menjadi jawara dengan bodi yang besar dan gagah. Pengeraman telur cukup singkat sekira 14 hari.

#5. Panen Anakan Kacer

Setelah melihat anakan kacer menetas tentu menjadi sebuah moment yang sangat menyenangkan dan membanggakan bagi penangkar. Terlebih kalaulau penangkaran baru dilakukan pertama kali. Ciri-ciri piyik atau anakan kacer menetas biasanya ditandai dengan adanya cangkang telur awut-awutan di penggalan dasar sangkar.

Cara menyapih anakan kacer bisa anda lakukan ketika anakan berumur 8 harian kemudian anda loloh sendiri hingga dewasa. Namun bila anda ingin lebih santay tanpa perlu meloloh anakan (handfeeding) sendiri usai penyapihan, maka sebaiknya penyapihan anakan kacer dilakukan ketika sudah bisa makan sendiri. Kemudian anda mampu langusng menjualnya kepada pembeli.

#6. Meloloh Anakan Kacer

Adapun Tutorial meloloh kacer anakan yaitu menggunakan perut jangkrik atau dengan voer yang dihaluskan kemudian diberi suplemen air hangat supaya teksturnya lebih lembut dan lebih simpel dicerna. pemberian pakan berkualitas ketika burung masih piyik atau muda sangat membantu pertumbuhan badannya biar lebih optimal. Makara cepat besar dan bongsor.

#7. Memaster Kacer Kecil

Di dikala anakan-anakan kacer sudah mampu berdiri diatas kaki sendiri, anda sebagai peternak dapat menjualnya eksklusif kepada konsumen yaitu para hobis burung khsusnya penggemar kacer. Atau anda juga bisa melatih / memaster kacer muda terlebih dahulu (spesial kacer jantan) hingga fasih berkicau dengan kualitas istimewa barulah dijual semoga harganya bisa lebih mahal, meskipun  membutuhkan waktu relatif lebih usang.

Demikianlah tips cara ternak burung kacer yang sukses, cepat bertelur dan menetas bagi pemula dari Burungbabe.com Semoga panduan yang dishare pada kesempatan hari ini bermanfaat untuk anda semua. admin doakan semoga bisnis penangkaran burung kacer yang anda geluti mampu sukses.

0 Response to "Cara Ternak Burung Kacer semoga Cepat Bertelur dan Menetas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel