-->

Mengenal Ciri-Ciri Burung Murai watu Nias Lengkap dengan Gambarnya

Burung Murai kerikil Nias merupakan salah satu burung murai yang namanya juga terkenal di kalangan kicau mania tanah air selain jenis murai watu terkenal lainnya. Banyak pecinta burung yang sangat menyukai murai watu nias ini, lantaran memang selain memiliki skill berkicau yang mantap dia juga identik dengan ciri khas uniknya yaitu bulu ekor berwarna hitam, makanya ia sering juga disebut Blacktail shama.

Setiap jenis murai menyuguhkan kelebihan dan ciri fisik serta gaya berkicau yang terkadang mempunyai karakteristik keunikan tersendiri. Namun murai nias diklaim juga punya kemampuan berkicau yang tak kalah baiknya dengan murai kerikil medan. Walaupun begitu, bila dilihat dari tingkat popularitas dan pamor masih di bawah murai batu medan. alasannya ialah murai watu medan diyakini lebih sering menjuarai kontes sedangkan murai batu nias hanya segelintir.

Akan tetapi ada satu hal yang juga musti diingat oleh para muraimania yaitu perawatan menjadi faktor penting yang turut menjadi penentu apakah burung peliharaan akan menjadi burung jawara atau tidak. Selain itu, kualitas dari individu burung murai itu sendiri juga menjadi faktor penting lainnya. Itu sebabnya pemilihan burung bakalan berkualitas dan memberikan perawatan pemasteran perlu dilakukan dengan sempurna dan konsisten.

Ciri-Ciri Burung Murai watu Nias


Burung murai batu nias ialah satu diantara jenis murai yang lebih simpel dikenali terutama pada ciri fisik di potongan ekornya. Berikut ciri murai kerikil nias menurut karakteristik penampilan warna bulu dan skill berkicaunya.

#1. Ciri Penampilan Fisik

Adapun cirinya yang Praktis dikenali yaitu bulu ekornya berwarna hitam pekat dan polos  dengan panjang sekitar 17 sampai 20 cm. Disamping itu postur tubuhnya relatif kecil sama halnya dengan murai kerikil lampung. Pada potongan warna bulu di dada tampak oranye gelap.

#2. Kemampuan Berkicau

Skill berkicau Murai kerikil Nias tak perlu diragukan lagi. dia juga pandai menirukan suara burung lainnya dengan volume bunyi yang lantang, agak ngebas dan mengkristal. Style berkicaunya pun cukup nyentrik ialah mengerak-gerak kepala dikala berkicau. Banyak para pecinta murai watu menentukan murai watu nias untuk hanya sebagai klangenan di rumah bahkan untuk diikutkan di ajang perlombaan.

#3. Wilayah Persebaran

Seperti pada namanya dia berasal dari kepulauan Nias yang berada di Sumatera. Namun sekarang sudah cukup sulit ditemukan di habitat aslinya. Maka dari itu, alangkah lebih bijaknya jika anda mememlihara murai kerikil nias hasil penangkaran. akhir-akhir ini juga ada penangkar yang beternak burung murai watu dengan mengkawin silangkan murai batu nias betina dengan murai watu medan jantan. Nah dari kawin silang ini menghasilkan anakan murai yang unggul.


Harga Burung Murai kerikil Nias

  • Harga Murai kerikil Nias Ekor Hitam Trotolan | Rp 2.500.000
  • Harga Murai kerikil Ekor Hitam (Nias) sampaumur hutan | Rp 1.500.000
  • Harga Murai batu Nias Gacor / Sudah Kaprikornus sekitar | Rp 3.500.000

Itulah ulasan terkait burung murai watu nias yang ternyata juga mempunyai kelebihan lain yaitu mental tempur yang manis, mudah berdapatasi dengan lingkungan gres, tidak simpel stress dan cepat dalam menirukan kicauan burung lain. Murai kerikil nias ini memancarkan daya pikat tersendiri bagi para penggemar setianya. Tak heran bila lalu turut mendongkrak popularitas si Murai berekor hitam ini.

0 Response to "Mengenal Ciri-Ciri Burung Murai watu Nias Lengkap dengan Gambarnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel