-->

Cara menyampaikan mentimun untuk lovebird dan keuntungannya

Pada kesempatan kali ini saya  akan memberikan informasi bagaimana Tutorialnya menyampaikan mentimun pada lovebird dan apa manfaat mentimun bagi lovebird.
Di kalangan lovebird mania, saat ini mentimun dipercaya ampuh dalam menurunkan birahi lovebird dengan cepat. Apalagi bagi lovebird mania yang suka mengikuti event lomba lovebird ngekek panjang tentu selalu berusaha dalam menjaga kestabilan birahi lovebirdnya. Pasalnya kalau lovebird sudah over birahi kebanyakan akan macet bunyi. Ketika berlomba akan terpengaruh melihat burung lawan jenisnya.
Cara memberikan mentimun untuk lovebird dan keuntungannya
Lovebird parblue pastel milik Om Andre Hendro Utomo dari Tegal
Pada dasarnya, timun mempunyai banyak manfaat bagi burung kicau. Burung kenari yang sering dilombakan juga rajin diberikan mentimun oleh pemiliknya. Sama halnya seperti insan, mentimun mampu menyampaikan dampak santai atau rileks. Pada manusia, mentimun dapat mencegah penyakit darah tinggi dan menjaga kestabilan tekanan darah jikalau dikonsumsi secara rutin.
Ada teman yang penggemar burung pleci sudah menunjukan manfaat sayur mentimun bagi burungnya. Burung plecinya mampu menjadi juara di arena lomba kicau mania. Selain untuk burung pleci dan lovebird, mentimun mampu diberikan kepada burung kenari, murai kerikil, dan kacer. Mentimun juga bermanfaat melancarkan pencernaan burung dan mencegah burung panas dalam.
Ketika sebelum lomba di dalam sangkarnya diberi mentimun. Kebanyakan burung yang dilombakan itu agak lama di gantang dan cuaca juga panas. Sambil menunggu persiapan lomba, sang burung bisa memakan mentimun untuk menjaga kondisi tubuhnya terhindar dari kehilangan cairan tubuh. Sayur mentimun kaya akan air. Kandungan air pada mentimun sekitar 95%. Di dalam mentimun juga mengandung gula sebagai tambahan energi bagi burung.
Di dalam mentimun juga banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh burung. Kandungannya seakan-akan vitamin K berjumlah 11%, vitamin C sebesar 4%, vitamin A sebanyak 2%, terdapat juga mangan, kalium, thiamin, magnesium, asam folat, seng, fosfor, zat besi, dan kalsium. Pokoknya lengkap banget kandungan vitamin dan mineralnya.

Berikut ini manfaat mentimun bagi burung lovebird:

1. Melancarkan sistem pencernaan burung lovebird

Sudah saya singgung di atas mengenai manfaat timun yang satu ini. Pada manusia juga bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan. Bagi burung juga demikian. pemberian yang teratur pada lovebir dapat mencegah lovebrid dari penyakit konstipasi, maag, dan gastritis.

2. Mencegah dehidrasi pada lovebird

Ketika persiapan lomba sebelum digantang, biasanya kita menunggu antrian dan mulai lomba pun sudah matahari terik. Di dalam kandang sebaiknya disediakan mentimun agar burung lovebird tetap sehat dan bugar serta terhindar dari kehilangan cairan tubuh . Kandungan air pada mentimun lebih cepat di serap oleh badan burung. Vitamin dan mineralnya juga sangat cukup sehingga lovebird tetap vit dan siap bertanding yang maksimal.

3. Mencegah penyakit snot (penyakit mata berair) pada lovebird

Khususnya burung lovebird terkadang sering terkena penyakit snot. Kalau sudah terkana snot dan tidak segera menerima perawatan biasanya lovebird tidka tertolong. Selain wortel yang kaya vitamin A, mentimun juga mengandung vitamin A yang bisa menjaga burung lovebird terpenuhi gizi vitamin A nya. Sudah kita ketahui bahwa vitamin A bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Jadi dengan pertolongan mentimun secara rutin mampu mencegah burung lovebird terhindar dari snot.

4. Manfaat timun selanjutnya yaitu menjaga bulu lovebird tetap mulus

Terkadang ada bulu burung lovebird yang tidak rapi seolah-olah kusam dan acak-acakan. Tandanya burung tersebut tidaklah sehat. Nah sayur mentimun ini mampu menjaga kesehatan bulu burung lovebird agar tetap mulus. Lovebird juga suka dengan biji mentimun. Nah pada bijinya banyak mengandung vitamin E dan juga potasium yang bermanfaat dalam regenerasi sel kulit dan bulu burung lovebird.

5. Mencegah paruh lovebird pecah-pecah

Mungkin Anda pernah melihat paruh lovebird terlihat seperti pecah-pecah. Itu tandanya juga burung kurang cantik kesehatannya. contohnya saja kita beri pakan yang standar hanya milet putih saja, maka tidaklah sehat kalau tidak diselingi dengan pakan lain seperti sayur mentimun ini. Selain menjaga kesehatan kulit dan bulu, mentimun juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan paruh lovebird.

0 Response to "Cara menyampaikan mentimun untuk lovebird dan keuntungannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel