-->

Cara Beternak Kelinci bagi Pemula dan Cara Pemasaran Ternak Kelinci

Cara beternak kelinci bagi pemula dan Tutorial pemasarannya – saat ini bisnis ternak kelinci masih jarang digeluti oleh masyarakat Indonesia. Padahal peluang ternak atau budidaya kelinci ini masih sangat potensial dan sedikit pesaing. Ternak kelinci ini dibagi menjadi dua macam yakni ternak kelinci pedaging dan ternak kelinci hias. Untuk teknik pemeliharaannya relatif sama dan sedikit perbedaan dengan perlakuan pada kelinci hias.
Di sebuah forum di facebook “ternak kelinci” ada beberapa orang yang gres memulai beternak kelinci sepasang. Namun kelincinya mati karena salah memberi makan. Untuk itu aku akan memberikan tips Cara beternak kelinci bagi pemula semoga kelincinya tidak mati. Berikut uraiannya :
1. Lahan dan sangkar

Bagi pemula sebaiknya membeli dua atau tiga pasang kelinci. Untuk lahannya mampu di belakang rumah atau disamping maupun depan rumah. Dalam membuat kandang, idealnya ukuran 60 cm x 50 cm x 60 cm. kalau Anda ingin memelihara tiga pasang kelinci, sebaiknya kadangnya ada enam. Makara satu sangkar ada satu kelinci. Selengkapnya baca artikel tentang cara membuat kandang kelinci yang cantik dan sehat. Setiap hari sebaiknya kadang dibersihkan. Ketika kita memberi makan di pagi hari, sisa makanan yang sore hari dibuang saja. kemudian ketika kita memberi makan sore pada kelinci, sisa makanan di pagi hari dibuang. Hal ini bertujuan untuk menghindari kelinci terkena penyakin pencernaan seolah-olah diare.
2. Pemilihan Induk Kelinci
Jika ingin indukan yang anggun, pilihlah usia kelinci yang sudah mapan yakni usia satu tahun. Kelinci mampu dikawinkan pada usia 6 atau 7 bulan. Pilihlah indukan yang sehat dan tanpa cacat. Kita bisa membelinya di peternakan kelinci secara langsung. Kalau di peternakan kita mampu tahu riwayat kelinci. Pilih juga kelinci yang badannya gemuk dan bulunya halus.
3. Pakan Kelinci
Untuk pakan kelinci kita mampu mencari rumput yang gratis atau kita juga mampu membeli seperti jenis-jenis sayuran. acuan sayuran yang disenangi kelinci ialah sawi putih, kol, waluh hijau, wortel, mentimun, dan kangkung. Selengkapnya baca makanan yang disukai kelinci supaya kelinci cepat besar.
4. Usia perkawinan dan kehamilan kelinci
Usia kelinci yang siap kawin ialah usia 7 bulan. Pada saat itu kita mampu mengawinkan kelinci betina dengan kelinci jantan yang kita punya. Untuk menjaga trah atau jenis kelinci, sebaiknya kelinci dikawinkan yang berasal dari satu jenis kelinci. Perlu diperhatikan juga, kelinci dikawinkan dari kelinci yang berbeda indukannya. Kelinci bisa dikawinkan tiga kali dalam tiga hari. Kelinci betina diletakan di kandang jantan dan kita pantau. sesudah kelinci kawin, segera ambil kelinci betina dan masukan di kandangnya. Jangan sampai dicampur dalam satu kandang selama sehari atau beberapa hari yah! Baca cara mengenali kelinci hamil atau tidak. sesudah kelinci kawin, catat tanggal kawinnya. Tujuan pencacatan semoga kita mampu memprediksi hari lahir kelinci. Kelinci akan melahirkan setelah hamil 28 hari atau 1 bulan.
5. Penyapihan kelinci
Setelah kelinci melahirkan, maka selama 45 hari kelinci itu akan disusui oleh induknya. Setelah 60 hari atau 70 hari, anakan kelinci sudah makan sendiri. Jadi kalau kita mau menyapih kelinci, sebaiknya pada usia 60 hari atau 70 hari. Menyapih kelinci kalau di bawah usia tersebut masih rawan sakit.

6. Memahami penyaki kelinci
Ada tiga macam penyakit yang sering menghinggapi kelinci, diantaranya ialah penyakit gudik atau scabies, perut kembung, dan diare. Selengkapnya baca jenis-jenis penyakit pada kelinci. setelah anda tahu apa saja penyakit pada kelinci, anda bisa melakukan tindakan pencegahan.
Itulah ada enam point yang harus diperhatikan oleh anda mengenai Tutorial beternak kelinci bagi pemula. Semoga mampu menginspirasi!
Cara Pemasaran Hasil Ternak Kelinci
Pemasaran kelinci dikala ini terbilang mudah. Kita bisa menggunakan sosial media seakan-akan facebook, twitter, dan instagram. Pengalaman aku wacana jual dan beli kelinci di facebook. Kita tinggal posting gambar disertai keterangan di forum peternak kelinci di Facebook. setelah beberapa dikala ada orang yang komentar dan melakukan nego. kesannya kita deal dan kelinci saya eksklusif diambil oleh pembeli.

Selain media sosial, kisa bisa langsung menemui pengepul atau “bakul” kelinci. Apabila harga kelinci kita dihargai dengan harga yang cocok, mampu pribadi dijual saja. Selain dari menemui pengepul, kita mampu eksklusif menjualnya di pasar atau di daerah yang strategis yang jalannya banyak dilalui orang.

0 Response to "Cara Beternak Kelinci bagi Pemula dan Cara Pemasaran Ternak Kelinci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel