-->

Cara Perawatan Lovebird Terkena Snot (Penyakit Mata) hingga Sembuh

70 persen dari lovebird yang terkena snot atau penyakit mata akan meninggal. Terkadang kita sebagai pemiliknya kurang jeli dalam melihat kesehatan lovebirdnya. karena kesibukan kita bekerja Jadi kita tidak teliti melihat tanda-tanda-gejalan snot pada lovebird. Kali ini aku akan memberikan gosip bagaimana  cara mengobati Snot (penyakit mata) pada lovebird. Untuk penanganannya kita bisa memakai obat tradisional dan obat kimia.
cara mengobati snot pada lovebird
macam-macam merek obat snot lovebird
Sebagai obat tradisional ada air rebusan daun sirih lalu kalau obat kimianya ada beberapa merek seolah-olah BBS (Bye-Bye Snot), RDF, dan Bio-Snot dari Ebod. Ketiga merek tersebut berdasarkan aku sama bagusnya. Anda mampu membelinya di toko-toko burung di pasar tempat tinggal Anda. Oya biasanya para peternak sudah menyediakan obat sebagai salah satu Tutorial pencegahan lovebirdnya untuk tetap sehat dan bebas Snot. Jadi Anda sebaiknya menyediakan obat Snot kalau ternak lovebirdnya sudah banyak.

Penyebab lovebird terkena snot yaitu kuman atau penyakit yang menyerang sekitar kepala dan mata lovebird. Mata yang terkena mampu sebelahnya atau bahkan kedua-duanya. Lovebird yang terkena snot akan kabur pandangannya. Untuk snot yang masih ringan biasanya agak abuh dan kemerahan pada sekitar kelopak matanya. sehabis sudah kronis atau cukup usang, mata lovebird akan lembap dan seperti ada daging tumbuh di sekitar kelopaknya.

Apakah Snot lovebird menular?
Jawaban saya iya! Snot ini dari bakteri. Lovebird yang terkena snot biasanya menggesek-gesekan kepala dan patanya pada tangkringan dan juga pada tubuhnya. sesudah digesekkan di tangkringan bisa Makara akan menular pada lovebird yang lain bila dalam kandang koloni. Lovebird yang terkena snot selama 3 ahad biasanya akan berakhir dengan akhir hayat.
Cara Perawatan Lovebird Terkena Snot (Penyakit Mata) sampai Sembuh
Ciri-ciri lovebird terkena snot ringan
1. Lovebird akan cenderung diam atau tidak aktif dari biasanya.
2. Pada sekitar penggalan matanya terlihat bengkak atau membengkak walaupun bengkaknya itu sedikit.
3. Lovebird tidak nafsu makan.
4. Lovebird tidak rajin ngekek dari biasanya.
5. Kepala dan belahan matanya sering digesek-gesekkan pada tangkringan dan juga tubuh lovebird itu sendiri.
Jika Anda melihat ciri-ciri tersebut segera berikan obat tetes yang dibeli. aku sangat menyarankan Anda untuk membeli obat tetes seolah-olah merek Bio Snot, RDF dan BBS. Pilih salah satu saja yang tersedia di toko tersebut. Kalau aku eksklusif tidak menjualnya hehe. Harganya cukup mahal yah ada yang 40.000 hingga 100.000. Tutorial menggunakannya ialah diteteskan pada paruh atau mulut lovebird. Obat tersebut bekerja dari untuk membasmi penyakit Snot lovebird.

Ciri-ciri lovebird terkena snot berat
1. Mata lovebird sudah basah dan sekitar kelopaknya sudah timbul seolah-olah daging tumbuh.
2. Sudah tidak nafsu makan lagi. Anda bisa memaksanya untuk makan dengan Cara membuka ekspresinya. Atau di spet dengan bubur lolohan supaya perutnya tetap terisi.
3. Dada lovebird akan nyilet. Dalam waktu 4 hari saja bila snotnya sudah parah akan nyilet.
4. Lovebird cenderung diam saja dan tidak berbunyi.
Jadi intinya jangan sampai lovebird anda terkena snotnya sudah stadium tinggi. Kalau lovebird Anda di rumah tidak aktif, coba segera diteliti pada seluruh badannya. Terutama mata dahulu. Berikan obat-obatan sesuai takarannya.

Cara mencegah snot pada lovebird
Untuk pencegahan yang paling utama adalah menjaga kebersihan kandang. lantaran penyebab snot ini yaitu basil Makara harus diperhatikan sekali pada kebersihan kandang, pakan, dan air minum. aku sendiri alhamdulillah selama beternak lovebird belum ada yang terkena snot. Semoga jangan hingga terjadi. Aamiin.
Setiap 5 hari sekali atau maksimalnya 7 hari sekali kita membersihkan sangkarnya, baik itu kandang kotak pada indukan atau sangkar sangkar bundar untuk satu lovebird. Untuk air minumnya, saya berikan air minum matang atau air Aqua yang setiap hari selalu di ganti. Untuk pakan, kalau kangkungnya tidak habis hari berikutnya saya buang sisa kangkung tersebut. Kalau pakan jagung bisa bertahan dua hari. setelah dua hari sisa jagung aku buang walaupun masih banyak lantaran jagung muda ini simpel kedaluwarsa dan baunya pun tidak sedap. Berikan juga vitamin lovebird seperti Ebod joss atau Vitatam yang mampu Anda cari di toko burung.
Demikianlah pemaparan seputar Cara mengobati snot atau penyakit mata pada lovebird beserta pencegahannya. Semoga bisa bermanfaat J

0 Response to "Cara Perawatan Lovebird Terkena Snot (Penyakit Mata) hingga Sembuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel