-->

Mengenal Ciri-Ciri Burung Murai batu Borneo / Kalimantan & Harganya

Burung Murai batu Borneo atau yang juga sering disebut Murai watu Kalimantan merupakan salah satu pengicau yang cukup diminati di kalangan kicau mania, meskipun pamornya masih di bawah Murai kerikil Medan, MB Nias, MB Aceh dan sebagainya. Terlepas dari itu, Murai watu Borneo ini juga memiliki bakat berkicau tidak mengecewakan baik dengan ciri khas  menyebarkan bulu-bulu dada dan perut ketika berkicau sehingga tampak mengembung.

Murai batu Borneo berasal dari Kalimantan sehingga tak heran bila lalu dia sering juga  disebut Murai watu Kalimantan. Selain itu ada juga beberapa burung murai yang berasal dari Sumatera seolah-olah Murai watu Medan, Murai watu Aceh, Murai watu Lampung dll. Dan rata-rata burung muray yang berasal dari wilayah Sumatera mempunyai kualitas sangat spesial dan lebih difavoritkan. Dari semua jenis burung murai umumnya punya kemiripan secara penampilan.

Ciri-ciri Murai batu Borneo


Mengingat burung murai ada kemiripan antara jenis satu dengan lainnya, seakan-akan murai watu lampung ibarat dengan murai kerikil borneo sehingga bagi pemula cukup menyulitkan untuk membedakan mana burung murai borneo dan sebaliknya. Oleh alasannya adalah itu, sebagai Murai kerikil Mania alangkah baiknya bila sanggup memilih jenisnya. karena akan menjadi  keuntungan tersendiri bagi para hobis. Berikut ciri murai borneo berdasarkan ciri fisik dan skill berkicaunya.
  • Bulu ekor pendek ialah hanya sekitar 8-13 cm saja.
  • Bentuk ekor semakin ke ujung makin melebar.
  • Warna bulu di belahan dada dan perut tampak coklat muda dan sedikit cerah.
  • Suara kicauannya kurang lantang dan kurang mengkristal.
  • Alunan bunyi nyanyiannya cendrung monoton atau kurang variasi.
  • Gaya bertarung (berkicau) sangat khas yaitu membusungkan dada atau menyebarkan bulu ketika berkicau.

Mengenal Jenis Murai kerikil Kalimantan

  • Murai watu Banjar (Ciri panjang ekor: 10-14 cm)
  • Murai batu Palangka (Ciri panjang ekor: 14-18 cm)
  • Murai batu Mahkota (Ciri panjang ekor: 8-14 cm)


Harga Murai watu Borneo / Kalimantan


Pasaran harga terbaru burung murai watu kalimantan berada dikisaran Rp 700.000.-

Itulah info hurufistik burung murai kerikil borneo beserta harganya. Dari karakter itulah mungkin sanggup kita tarik kesimpulan bahwasanya ada beberapa hal yang menjadi pemicu sehingga membuatnya masih kalah pamor dengan saudaranya yang berasal dari Sumatera. Semisal dari sisi postur terbilang mungil dengan bulu ekor yang juga pendek. Namun begitulah setiap varian jenisnya dianugerahi keunggulannya dan kekurangannya masing-masing.

0 Response to "Mengenal Ciri-Ciri Burung Murai batu Borneo / Kalimantan & Harganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel