-->

Kenali gejala patek pada sekitar paruh lovebird semenjak dini

Seorang ketua Komunitas Lovebird dari Kota Tegal yang bernama Om Fidhi Anto berkenan membagi ilmunya dalam perkara penyakit patek. Penyakit patek ini juga bisa membawa dampak ajal seperti halnya penyakit Snot dan Nyilet. Patek pada lovebird juga simpel sekali menular pada lovebird lainnya yang ada di penangkaran kita. Oleh karena itu, jikalau terlihat tanda-tanda patek pada salah satu lovebird, sebaiknya kita harus mengambilnya dan mengkarantinanya.
Kenali tanda-tanda patek pada sekitar paruh lovebird semenjak dini
Kredit Foto Om Fidhianto
Penularan patek ini bisa terjadi lantaran bersentuhan secara pribadi antar lovebird dan bisa dari bekas kandang atau bekas daerah lovebird yang terkena patek. Kaprikornus basil patek ini mampu melekat pada sangkar lovebird dan mampu menular pada lovebird yang sehat. Patek pada lovebird sering menyerang pada sekitar paruh baik di sekitar mata, paruh itu sendiri, pengecap, dan kaki lovebird. Nah jika yang susah ditangani jikalau pateknya menyerang pengecap lovebird.
patek pada area mata lovebird
Foto Om Theo
Jenis-jenis patek
Patek lovebird dibagi menjadi dua macam ialah patek kering dan patek berair. jikalau patek basah lebih berbahaya dan praktis menyebar ke area lain pada tubuh lovebird.
Gejala patek pada lovebird
Pada gejala dini, pada area paruh atau lainnya terlihat titik merah. mampu dilihat seperti pada gambar. Nah kalau diamati beberapa hari titik merah tersebut tambah melebar berarti itu patek.
Om Fidhi Anto telah menyampaikan tips untuk mengenali gejala lovebird yang mengalami penyakit patek semenjak dini. Berikut rangkumannya!

1. Burung yang setelah berkelai akan terlihat memar ataupun berdarah pada sekitar paruhnya karena mungkin saling mematuk. jikalau burung yang berkelai ini hasil memarnya tidak akan melebar.
2. Kalau penyakit patek ada perubahan dari titik merah yang semakin membesar. mampu saja timbul satu titik merah kemudian timbul titik-titik merah lagi pada penggalan lainnya dan semakin melebar titik merahnya dan membesar. bilapun tidak berwarna merah tapi titik kuning yang membesar. Pada umumnya patek yang titik merah saat sudah membesar akan timbul titik kuning.
Kalau terkena patek kering tidak cepat membesar dan melebar akan tetapi kalau patek basah akan lebih cepat melebar dan membesar sehingga mengancam kesehatan burung. Butuh penanganan yang khusus bagi lovebird yang terkena patek seperti harus dikarantina dan diberi obat yang tepat.
Oke demikianlah informasi mengenai gejala patek pada lovebird sejak dini. biar burung kita selalu sehat. Dan harus ada upaya dari kita untuk selalu rajin membersihkan kandang lovebird seminggu sekali. Dan bilapun mau membeli lovebird harus betul hati-hati (pilih yang sehat). agar sukses!

0 Response to "Kenali gejala patek pada sekitar paruh lovebird semenjak dini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel