-->

Mengenal Penyakit Patek Pada Lovebird Dan Tutorial Menyembuhkannya

Apa itu patek
Penyakit patek ini biasa menyerang pada jenis unggas seolah-olah ayam, angsa, dan entok. Namun saat ini penyakit patek bisa merambah ke burung yang ditangkarkan. seakan-akan sahabat saya dikala ini ada Om Fidhi Anto dari Tegal ada burung lovebirdnya yang terkena patek.
Patek ini merupakan penyakit yang ditimbulkan dari jamur yang menempel pada serpihan tubuh burung lalu menggerogoti kepingan tubuh tersebut.
cara menyembuhkan patek lovebird
patek pada pecahan paruh lovebird
Penyebab patekan
Sebenarnya penyakit ini simpel penyebarannya. Katanya mampu melalui hembusan angin karena jamur simpel terbawa angin kemudian kontak pribadi burung yang patekan dengan burung yang sehat bisa tertular. lalu lagi kandang dari burung patekan mampu menular karena jamur patek ini yang menempel pada sangkar mampu menempel lagi ke burung yang sehat. Kaprikornus kebersihakn sangkar benar-benar harus dijaga.
lovebird terkena patek
patek pada mata lovebird
Tanda-tandap lovebird terkena patek
Untuk ciri-ciri burung yang terkena patekan ini pada penggalan tubuhnya entah pada kaki, tubuh, ataupun paruhnya ada bintih-bintik merah. bisa juga mengenai tempat mata yang praktis terlihat. lalu ada benjolan seperti nanah dan berwarna hitam pada penggalan patek.
cara menyembuhkan patek pada lovebird
Jenis-jenis patek
Jenis-jenis patek ini ada dua macam yaitu patek kering dan patek basah. bila patek kering tidak terlalu bahaya dan mampu dengan mudah di atasi. Tapi jika patek kering ini mampu berbahaya dan sulit di atasi. Tandanya jika patek basa pada bagian tubuh lovebird yang terkena patek ini terlihat basah atau berair.

Akibat burung terkena patek
Kalau burung yang sudah terkena patek mampu-bisa bekasnya tidak bisa ilang. contohnya pada bagian keki atau jari burung yang terkena patek jika dibiarkan maka jarinya bisa putuh. Memang mampu dibilang penyakit ini seakan-akan penyakit kencing bagus atau diabetes pada insan. Jejak patek yang sudah sembuh ini membekas dan sukar mampu tumbuh lagi daerah yang terkena patek.

Patek pada paruh lovebird
Nah kalau pateknya terkena pada paruh, maka paruh tersebut akan bolong walaupun sudah sembuh dari patek. Makara patek ini menggerogoti badan yang ada seakan-akan menjadi bau bila dibiarkan.

Apa penyakit patek itu ganas?
Ya patek ini bila dibiarkan menciptakan burung meninggal jikalau tidak segera diatasi. Jadi lama-kelamaan patek akan masuk ke potongan tubuh yang dalam dan menyebar ke bagian tubuh lain. misalnya tadinya terkena di belahan mata bisa Kaprikornus menular kebagian tubuh seakan-akan kaki, paruh, sayap, dan badannya.

Cara mengatasi patek
Bagian tubuh yang terkena patek diolesi dengan alkohol atau antiseptik. Kaprikornus alkohol dioleskan pada kapas kemudian dioleska pada patek. Ambil silet lalu dipotong sedikit potongan pateknya dan olesi dengan obat jamur hewan yang bisa Anda beli di toko burung atau toko obat binatang.
Alternatif lain cukup dengan alkohol dan Albotil saja mampu sembuh. setelah diolesi dengan alkohol dan sudah kering sekarang diolesi dengan Albotil. Burung akan terlihat kesakitan karena Albotil menciptakan perih. jikalau saya sedang sariawan saja pakai albotil rasanya perih banget apalagi jikalau burung yang sedang sakit.
Jangan lupa bersihkan kandangnya juga. sesudah dicuci kemudian disemprot dengan air daun sirih pada kandangnya.
Tips menyembuhkan patek dari Om Fidhi Anto ketua Komunitas Lovebird Indonesia Korwil Tegal
1. Bersihkan luka dengan rivanol
2. Godok air anget dan ambil tisu oles ke luka sehingga luka ganpang di klotok
3. Kemudian kasih propolis beli di apotek
4. Diamkan 5-10menit biat obat oles meresap
5. Tahap terakhir kasih metilin blue
6. Angin anginkan.

Cara mencegah patek

Selain kebersihan burung yang sering dimandikan, kebersihan sangkar juga diperhatikan. Kandang bisa bersihkan dengan dicuci kemudian disemprot dengan air daun sirih atau desinfektan yang aman bagi burung. Kotoran juga dibersihkan terus. saya pribadi biasa membersihkan kotoran dalam kandang setiap 3 hari sekali. Alhamdulillah burungnya sampai dikala ini selalu sehat. Air minum juga setiap hari saya ganti dengan air minum yang sudah dimasak atau mampu pakai air Aqua.

0 Response to "Mengenal Penyakit Patek Pada Lovebird Dan Tutorial Menyembuhkannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel