-->

6 ciri-ciri lovebird jantan over birahi yang perlu diketahui oleh pemula

Kalau burung lovebird jantan yang biasa kita konteskan sedang mengalami over birahi akan membuat kita pusing. Biasanya yang semula bisa ngekek hingga 40 detik kini hanya bisa ngekek 10 detik saja. bergotong-royong burung yang sudah akil balig cukup akal secara alamiah akan merasa butuh pasangan hidupnya. Terkadang kita sebagai pemiliknya tidak peka dengan burung yang kita miliki. Over birahi ini tidak hanya terjadi pada burung lovebird saja. Akan tetapi terjadi pada setiap jenis burung entah burung parkit, burung jalak suren, abang tua, nuri, dan lainnya.
Pada burung lovebird akan mulai mengalami birahi pada umur 10 bulan. jika pada umur di bawah satu tahun biasanya lovebird jantan tidak hingga gesek tangkringan (mengawini tangkringan). jika lovebird yang sudah over birahi sudah sampai gesek tangkringan akan susah diobati lagi karena walaupun sudah dijodohkan pun terkadang masih terlihat gesek tangkringan.
Berikut ini ada 5 ciri-ciri lovebird jantan yang sedang over birahi. Pemula sebaiknya perlu tahu supaya mampu paham dalam memelihara lovebird.
ciri-ciri lovebird jantan over birahi
gesek tangkringan
1. Gesek tangkringan
Lovebird jantan yang sudah over birahi banget yang umurnya sudah hingga 1 tahunan sering mengawini tangkringannya. Nah cirinya lovebird akan menggesekkan kloakanya ditangkringan seakan-akan terlihat mengawini tangkringannya. jikalau di daerah aku di Kota Tegal namanya GESTANG kepanjangan dari GESEK TANGKRINGAN. bila gestang sendiri terjadi lantaran kita sebagai pemilik terlanjur membiarkan lovebird jantan birahi. jikalau tidak segera ditangani akan terjadi gestang. Cara yang paling simpel untuk mencegah gestang ialah dengan mencarikan jodohnya. Makara lovebird jantan jika sudah muncul gejala birahi segera dijodohkan dengan lovebird betina yang umurnya minimal 10 bulanan. bila sama-sama sudah birahi dalam waktu dua atau hari biasanya lovebird sudah jodoh.
2. Frekuensi bunyi makin berkurang atau malahan macet bunyi
Bagi lovebird mania yang suka lomba gantang lovebird akan kecewa sekali bila lovebird andalannya over birahi. Pasalnya lovebird yang sedang birahi akan macet bunyi. Yang tadinya bisa ngekek satu menit kini hanya bisa ngekek 20 detik saja atau bahkan ada lovebird yang cenderung diam tidak mau bunyi. jikapun bunyi hanya beberapa kali saja. akung sekali bukan jikalau gaco lomba kita macet bunyi? jikalau saya pribadi tidak pernah main gantang lovebird. karena emang gak mau main dan dihentikan hehehe.
lovebird sedang ngeruji
3. Sering ngeruji
Lovebird yang lagi over birahi juga terlihat sering ngeruji. Atau sering terlihat menempel di tepi sangkar. jikalau terdengar suara lovebird betina biasanya akan bertingkah seperti itu. Apalagi kalau lomba kebanyakan lovebird yang dilombakan dari lovebird betina. jika sudah seperti ini lovebird jantan kita yang sedang birahi bisa Kaprikornus gagal ngekek tapi malahan sering ngeruji ingin keluar sangkar dan mendekati lovebird betina.

4. Lovebird cabut bulu
Kalau lovebird jantan yang birahi tidak kunjung ditangani maka akan berakibat gesek tangkringan dan cabut bulu. Lovebird jantan akan sering mencabut bulunya sendiri pada bagian leher dan dada. Ada yang sampai gundul pada cuilan dada sampai ke lehernya. kalau sudah seolah-olah itu akan terlihat tidak rapi dan jikalau dijualpun harganya relatif lebih rendah. Baca juga cara mengatasi anakan lovebird memuntahkan makanannya
5. Indukan lovebird jantan birahi bisa menyerang anakan
Saya pernah mengalami peristiwa anakan lovebird di dalam glodok dibantai oleh induknya. Padahal saya tidak sering membuka glodoknya dan memang indukan itu tidak praktis stres. Pokoknya terlihat jinak jika kita dekati. Nah waktu itu saya yang masih pemula melihat indukan betina yang masih meloloh tapi indukan jantan terlihat ingin mengawininya. Dan hasilnya pas saya buka glodok kaget, anakan lovebird telah mati dan betuknya sudah gepeng. Mungkin sudah terinjak-injak. lalu setelah satu ahad anakannya mati ternyata saya  buka glodok indukan betina sudah bertelur dua butir. Jadi kesimpulannya lovebird jantan itu over birahi sehingga bisa menyerang anakan yang sedang diloloh.
6. Terlihat galak
Lovebird jantan sedang birahi juga akan terlihat galak. misalnya jika kita dekatkan tangan kita ke dalam kandang biasanya akan dipatuk. Pada hari-hari biasanya tangan tidak dipatuk. Tapi untuk ciri-ciri lovebird jantan yang sedang birahi ini tidak semuanya terjadi pada lovebird. Ada tipikal lovebird yang kalau kita dekati cenderung menghindar.

0 Response to "6 ciri-ciri lovebird jantan over birahi yang perlu diketahui oleh pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel