-->

Apakah lovebird cacat kaki bisa kawin?

Melihat lovebird jantan ataupun betina yang kakinya minus atau cacat terlihat kasihan. Ada peternak yang tidak tega menjual lovebird yang cacat tersebut. pola lovebird yang cacat kaki biasanya salah satu kakinya mentang atau dengkol, bahkan kedua kakinya.
Kaki yang mentang tersebut mampu bawaan dari lahir dan bisa karena kesalahan kita sebagai pemilik dalam merawat anakan lovebird ketika masih kecil. contoh kesalahan kita yaitu pada waktu anakan lovebird masih cindil kita salah meletakan anakan lovebird pada kawasan yang permukaan alasnya itu licin sehingga lovebird tidak bisa latihan mencengkeram.
lovebird cacat kaki bisa kawin
salah satu kaki lovebird cacat
 Alas yang baik untuk anakan lovebird supaya mampu latihan mencengkeram sejak kecil adalah serutan kayu khusus ganjal dan juga kawat khusus untuk anakan agar kaki lovebird tidak cacat.
Oke setelah mengetahui penyebab kaki lovebird yang cacat, kini jika lovebird nya sudah dewasa apakah bisa dijodohkan dan sehabis jodoh apakah bisa kawin?
Saya pribadi saat ini mempunyai satu ekor lovebird biru mangsi fichery. saya beli dengan harga Rp300.000 dari Om Atak di Situbondo. Melihat trah dan bentuk warna fischery yang elok alhasil burung tersebut aku beli. Awalnya Om Atak tidak ingin menjual lovebird yang cacat tersebut karena kasihan.
Saya bertanya kepada Om Atak, Om.. apakah lovebird yang cacat kakinya mentang atau dengkol kedua-duanya ini mampu kawin dan produksi? Jawabannya “bisa” dari pengalamannya bahwa lovebird jantan ataupun betina kedua-duanya cacat kaki seperti mentang itu mampu produksi.

Kemudian saya tanya lagi kepada tante Ning, seorang Lovebirdwati yang sudah terkenal. aku menanyakan “apakah lovebird jantan kaki mentang dua-duanya kira-kira mampu kawin tidak ya?
Jawabannya sungguh mengejutkan... katanya tante Ning:” Saya jantan beti 1 pasang mentang dan dengkol kakinya Allhamdulillah produk perdana netes 2 skrg lg ngeram lagi”
Saya malahan diberikan foto anakannya dan ternyata anakannya normal semuanya. 
Berikut ini screenshoot dari percakapan saya dengan tante Ning:
lovebird kaki satu apa mampu kawin
 Kesimpulan:
Dari hasil wawancara yang telah saya lakukan kepada dua orang peternak lovebird warna yaktni Om Atak dari Situbondo dan tante Ning bahwa lovebird jantan maupun betina yang cacat kakinya itu bisa tetap produksi.

Jadi kalau ada lovebird dengan warna yang elok ataupun lovebird kelas warna seakan-akan euwing, parblue, bahkan biola tapi cacat kakinya ataumatis harganya jauh lebih murah. seolah-olah saya ini baru beli lovebird biru mangsi fischery bersih yang kedua kakinya mentang dengan harga yang sangat murah Cuma Rp300.000. bila harga normalnya sekitar Rp800.000. dikala ini burung tersebut saya letakan di kandang koloni. Semoga bisa menemukan jodoh yang baik hehehe.
Nah sekarang bagaimana berdasarkan Anda? Apakah masih mau membeli lovebird minus kaki untuk dijadikan indukan ataukah tidak?

0 Response to "Apakah lovebird cacat kaki bisa kawin?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel