-->

Cara membedakan pleci jantan dan betina secara akurat berdasarkan pengalaman

Berikut ini saya akan menyampaikan penjelasan Tutorial membedakan pleci jantan dan betina secara akurat. Burung pleci di tahun 2019 ini makin diminati oleh semua kalangan karena bunyinya yang bisa menirukan banyak sekali jenis burung masterannya. Harganya pun kian melambung tinggi. Untuk burung pleci sendiri di habitatnya di hutan tropis dataran rendah makin jarang kita temukan lantaran sudah semakin diburu. acuannya pleci dada kuning yang ada di Jawa sudah sangat sulit ditemukan.

Mengingat burung endemik Indonesia ini sudah makin langka ditemukan, para Pleci Mania (Pleman) berusaha menangkarkan burung berkacamata ini. Burung pleci ini bekerjsama burung monoforbik atau burung yang susah dibedakan jantan dan betinanya. Bagi yang sudah lama memelihara burung pleci atau menangkarkannya pasti sudah mampu membedakannya. Kalau kita sebagai pemula pasti resah. Bahkan orang yang sudah lama memelihara pleci selama satu tahun pun mampu saja salah menebak burung plecinya itu jantan dan betina.

Cara membedakan pleci jantan dan betina akurat
Saat ini saya di rumah mempunyai sepasang pleci dada kuning lokal. Beruntung sekali saya mampu memperoleh pleci dada kuning ini dari tempat Pasir Putih asli Situbondo. Padahal aku sudah lama mencarinya. Alhamdulillah saya menemukannya di pasar burung Situbondo.
Menurut saya pribadi dan sahabat-teman aku yang sudah beternak burung pleci untuk membedakan burung pleci jantan dan betina secara akurat tidaklah sulit. Namun butuh ketelatenan saja. Simak penjelasan berikut ini!
1.      Burung pleci jantan pasti “ngeriwik”
Ciri-ciri burung pleci jantan itu ngeriwik kalau di dengarkan suara mastering. Nah bunyi masteringnya itu mampu Anda cari di youtube dengan kata kunci bunyi pleci koloni dengan air mengalir. Caranya ialah burung pleci di taruh di sangkar lalu di taruh di tempat yang tinggi. bisa di taruh di dalam rumah tapi yang akrab dengan langit-langit atau atap. Kalau burungnya giras coba kita jangan melihatnya secara pribadi tapi dengan Tutorial di intip.
pleci jantan dan betina dalam satu sangkar
pleci jantan dan betina dalam satu sangkar
Kemudian kita putar bunyi masteran burung pleci dengan background suara air gemericik. Coba diamati beberapa menit, kalau burung pleci jantan niscaya akan “mengeriwik”. Kalau “mengeriwik” itu artinya burung pleci akan mencoba menirukan atau ikut berkicau dengan bunyinya sendiri. mampu mencoba mengikuti atau membalas suara masteran. Kalau burung pleci kita membalas bunyi masteran tadi itu sudah dipastikan burung pleci kita jantan.
Namun jika burung pleci kita tidak membalas atau membalasnya dengan bunyi cat cit cat cit saja itu menunjukan burung pleci kita betina.
Sebenarnya cara nomor satu ini dengan ciri-ciri burung pleci jantan itu “ngeriwik” adalah cara yang paling akurat. Kaprikornus cukup memakai metode mendengarkan bunyi masteran koloni pleci dengan background suara air sudah cukup yah.
Oke saya akan memberikan isu embel-embel mengenai Cara membedakan burung pleci jantan dan betina.
2.      Dilihat dari lingkar kacamatanya
Burung pleci jantan memiliki lingkar kacamata yang penuh atau tidak putus-putus. Kalau dilihat dari tebal-tipisnya lingkar kacamata atau klep itu tidak menjamin. Soalnya ada beberapa tipe pleci yang lingkar kacamatanya tipis. acuan pleci lokal daerah Jawa Tengah memiliki lingkar kacamata yang umumnya itu tipis. Berbeda dengan pleci Bali atau Lombok yang mempunyai badan yang sedikit lebih besar dan kacamata yang tebal.
gambar pleci jantan dan betina
Burung pleci betina lokal Jawa memiliki lingkar kacamata yang putus-putus. Untuk membedakannya secara langsung, Anda mampu eksklusif mendatangi teman yang sudah mempunyai sepasang pleci.
Melihat dubur atau kelamin pleci jantan dan betina
membedakan pleci jantan dan betina dari dubur atau vent
bentuk vent atau kelamin pleci jantan dan betina
Pleci jantan mempunyai dubur yang menonjol keluar kemudian cenderung menghadap ke bawah. bisa dilihat pada gambar. Sedangkan pleci betina mempunyai dubur yang cenderung lurus dan tidak menghadap ke bawah. Kebanyakan pleci jantan mempunyai dubur yang lebih menonjol dan bentuknya kecil tapi kalau pleci betina tidak menonjol dan bentuknya lebar.
Dengan melihat bentuk kepala pleci
Cara akurat membedakan pleci jantan dan betina
bentuk kepala pleci jantan dan betina
Pleci jantan memiliki kepala yang datar pada pecahan atasnya sedangkan pleci betina mempunyai bentuk kepala yang cenderung cembung atau bundar. Untuk melihat datar atau cembungnya kepala pleci, Anda harus melihatnya dari samping. Kalau dari samping insyaAllah bisa membedakannya. 

Ciri-ciri sepasang pleci lokal jantan dan betina yang saya miliki:

1.      Pleci jantan saya ngeriwik kalau dimasteri burung sedangkan pleci jantan hanya bunyi cat cit cat cit saja
2.      Burung pleci jantan aku mempunyai warna tubuh yang lebih ngejreng sedangkan warna tubuh pleci betina terlihat biasa saja.
3.      Pleci dada kuning saya yang jantan warnanya kuning tajam sedangkan yang betina kuning standar
4.      Lingkar kacamata pleci jantna saya lebih terlihat terang, tegas, dan penuh. Sedangkan pleci betina lingkar kacamatanya ada putus-putus dan sedikit lebih tipis.
Nah itu saja yang bisa aku berikan sebagai sharing saya yang mau beternak pleci. semoga bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara membedakan pleci jantan dan betina secara akurat berdasarkan pengalaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel