-->

Prediksi ciri-ciri lovebird jantan umur 3 bulan


Banyak yang bertanya kepada aku melalui chat Wa mengenai bagaimana ciri-ciri lovebird jantan umur 3 bulan. lovebird merupakan hewan monoforbik yang artinya tidak nampak secara terperinci perbedaan lovebird jantan dan betinanya. jikalau sudah berpasangan dan pernah produksi baru terlihat sedikit jelas. bila bagi pemula pasti tidak tahu mana lovebird jantan dan betina.
Cara yang paling akurat untuk membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan melalui tes DNA. Tes DNA sendiri mampu dimulai ketika lovebird berumur 3 bulanan. Rata-rata para suhu lovebird tes DNA dilakukan pada waktu lovebird umur 4 bulan.
lovebird umur 3 bulan | Foto Ijanx Ry
 Kalau untuk memprediksi lovebird jantan dan lovebird betina pada suhu lovebird pun bisa tapi dalam dunia lovebird itu kadang yang sudah diprediksi jantan tapi ternyata betina. Apalagi jika lovebird umurnya baru 3 bulan. perkembangan organ badan dan tulangnya  pun masih berkembang.
Ada cara yang biasa dilakukan oleh peternak dalam memprediksi ciri-ciri lovebird jantan maupun betina. Berikut selengkapnya:

1. Pegang lovebird jantan kemudian diraba pada potongan ekornya.
Coba cek belahan supit udangnya. jikalau jantan mempunyai supit udang yang cenderung lebih keras dan sempit ketika di raba. Namun bila prediksi lovebird betina memiliki supit udang yang cenderung lebih lunak dan melebar.
Bagi yang pemula pasti gundah mana yang keras dan mana yang lunak, pasalnya lovebird umur 3 bulan yang susah. Nah kini dipraktekan saja pada lovebird yang sudah berjodoh dan produksi. Cek penggalan supit udangnya kalau keras dan sempit ketika diraba dengan jari telunjuk pasti jantan. lalu lovebird jantan memiliki bodi atau postur yang lebih ramping.
Kalau lovebird betina yang sudah indukan cenderung mempunyai postur yang lebih besar dan belahan bawah ekornya lebar karena pernah bertelur.

Kesimpulan:
Kita hanya mampu memprediksi lovebird itu jantan atau betina dengan meraba dengan jari telunjuk pada pecahan supit udang lovebird. bila jantan supit udangnya relatif semiut dan keras. Sedangkan lovebird betina memiliki ciri supit udang yang lebar dan lunak jika sedikit di tekan.
Cara ini hanya memprediksi saja. Terkadang malah terbalik yang tadinya dikira lovebird jantan eh malah betina. Hal ini dikarenakan lovebird umur 3 bulan kondisi fisik dan kekerasan tulang supitnya hampir sama antara lovebird jantan maupun betina. bila lovebird yang sudah cukup umur minimal umur 8 bulan biasanya sudah bisa terdeteksi pada serpihan supit udangnya.
Demikian sekilas infonya, semoga mampu membantu Lovebird Mania yang masih pemula.

0 Response to "Prediksi ciri-ciri lovebird jantan umur 3 bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel