-->

Cara Merawat Kelinci Anggora Anakan dan cukup umur

Cara merawat kelinci anggora anakan dan akil balig cukup akal – Kelinci anggora merupakan jenis kelinci hias yang banyak bulunya. Kalau kurang perawatan maka akan timbul beberapa jenis penyakit pada kelinci seolah-olah buduk atau scabies dan diare yang bisa menyebabkan ajal. Bagi pemula harus tahu Cara perawatan kelinci anggora yang baik. Sebelum membeli kelinci alangkah baiknya harus tahu terlebih dahulu Cara perawatan kelinci anggora.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan remaja
kelinci anggora anakan
Kelinci anggora berasal dari negara Perancis dan Inggris. Dari dua negara tersebut jenis anggoranya berbeda. Kalau yang anggora Perancis itu bulunya lebih panjang sedangkan anggora dari Inggris bulunya lebih pendek. Kalau kelinci anggoran disini memang sudah berkembangbiak dan mungkin ada yang sudah tidak asli seolah-olah hasil silangan dan sebagainya. Makara kalau mau beli harus hati-hati yah. Lebih baik kalau beli kelinci ke tempat peternakannya langsung. Kalau kita beli di pinggir jalan terkadang penjualnya ada tidak tahu namanya. Yang mereka jual asal kelinci yang lucu saja.
Oke eksklusif saja saya akan memaparkan cara merawat kelinci anggora anakan dan akil balig cukup akal.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan sampaumur
kelinci anggora Inggris
1. sangkar kelinci
Memelihara dan merawat kelinci anggora anakan lebih sulit dibandingkan yang sudah cukup umur. Mengapa demikian? lantaran kelinci anggora anakan itu mudah sakit dan harus dijaga kebersihannya. Pada semua jenis kelinci, usia sapih dari induknya adalah 45 hari sampai 50 hari. Kaprikornus kalau sahabat yang mau membeli kelinci anggora anakan hendaknya membeli yang usianya sudah dua bulan. insyaAllah usia 2 sudah cukup dan bisa menyesuaikan di tempat atau kandang yang teman miliki di rumah.

Cara merawat kelinci anggora anakan dan remaja
kelinci anggra Prancis
Untuk kebersihan sangkar harus di jaga. Apalagi kelinci yang masih kecil kandangnya harus selalu higienis. Lebih enak memberi makan dari konsentrat dan sayuran seolah-olah kol, kangkung, dan wortel. Memang kedua jenis makanan kelinci tersebut agak mahal yah. Tapi kalau kita hidup di kota susah mencari rumput dan harus beli makanan kelinci.
Setiap pagi kandang dibersihkan seakan-akan membersihkan sisa makanan dan membersihkan alas kandang dari kotoran kelinci. kemudian dikala sebelum memberi makan di sore hari jam 4 atau jam 5 juga demikian.
Dalam dua bulan sekali, kandang perlu disemprot dengan desinfektan biar kelinci terhindar dari jenis penyakit kulit dan diare. kandang kelinci juga harus menerima pencahayaan yang cukup. jika sangkarnya portable, setiap hari di pagi hari sekitar jam 9, kelinci perlu dipanaskan. Tujuannya ialah supaya kelinci tetap sehat dan bugar. Selain itu kandang juga bebas dari basil lantaran kumannya mati terkena sinar matahari.
Oya ukuran kandang kelinci anggora yang baik itu standarnya panjang 50 cm, lebar 50 atau 40 cm, dan tingginya 50 atau 40 cm.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa
kelinci anggora Inggris
2. makanan kelinci
Untuk menghindari kelinci dari penyakit kembung dan diare, berikanlah kuliner yang kering. contohnya aku ingin memberi makan kangkung, Makara kangkungnya jangan langsung diberikan tapi harus dijemur beberapa jam biar kangkungnya layu. Mengapa harus dijemur? Nah untuk menghindari kandungan air yang tinggi. Kalau banyak air dan getah pada makanan kelinci akan menyebabkan kelinci diare. Dua hal penyakit yang susah disembuhkan adalah kembung dan diare.
Pemberian konsentrat berdasarkan saya tidak akan bermasalah dan mampu terhindar dari kembung dan diare.
Cara merawat kelinci anggora anakan dan dewasa
kelinci anggora prancis yang sudah remaja
3. Kebersihan tubuh kelinci
Bagi kelinci anggora yang masih anakan kalau bulunya kotor jangan dimandikan. Biasanya belum kuat kalau dimandikan. Cara menghilangkan kotoran pada kelinci anggora yang masih anakan yaitu dengan menyemprotkan air pada daerah yang kotor, kemudian dilap dengan kain atau kanebo. setelah itu mampu memakai hair dryer untuk mengeringkan bulu kelinci.
Kalau kelinci anggora yang sudah remaja boleh dimandikan dengan air hangat-hangat kuku seolah-olah memandikan bayi hehe. supaya bulu lebih cepat kering, mampu menggunakan hair dryer secara perlahan. Kalau tidak punya hair dryer sebelumnya di beri handuk dan dijemur saja.
Karena bulu anggora itu lebat dan panjang, perlu perawatan seperti di sisir. Tiga hari sekali untuk merapikan bulu anggora mampu dengan sisir yang mata sisirnyaitu jarang-jarang.
Demikianlah pembahasan saya ihwal cara merawat kelinci anggora yang masih anakan dan dewasa. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Merawat Kelinci Anggora Anakan dan cukup umur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel