-->

Panduan Tutorial Menanam cabe Rawit Lengkap supaya Sukses Panen

Cara menanam cabe rawit – Di Indonesia harga cabe rawit sering mengalami lonjakan. Selain itu harga cabe yang relatif stabil dan sedikit mahal. Bagi Anda yang memiliki pekarangan atau tanah di dataran rendah dan datar sangat anggun untuk untuk ditanamai cabai. tumbuhan cabe mampu tumbuh subur pada daratan yang rendah sekitar 500 meter dari permukaan air laut.
Usaha budidaya cabai rawit dengan modal yang terbilang kecil namun untungnya sangat besar. Selain itu resiko dari gagal panen juga lebih sedikit. Untuk menghasilkan tanaman cabai rawit yang sukses panennya juga diperlukan perawatan yang cantik. Di dalam artikel ini, saya akan membahas Tutorial budidaya cabe rawit agar panennya bisa sukses. saya akan membimbing mulai dari Tutorial pemilihan bibit, pengolahan lahan hingga perawatan dan Tutorial memanen yang benar.
 Tutorial Menanam cabe Rawit Lengkap
cabe rawit siap panen
1. Pemilihan bibit cabe rawit yang benar
Ada tiga metode dalam pemilihan bibit cabai rawit yang benar. Metode itu adalah dengan pembelian benih cabai rawit di toko pertanian, menentukan cabe rawit dari hasil pembelian, dan memakai hasil panen cabe rawit yang pernah ditanam sendiri.
1. menentukan bibit dengan pembelian di toko pertanian
Bagi para pemula yang ingin memulai budidaya cabe rawit, saya sarankan untuk membeli bibit cabe rawit yang tersedia di toko pertanian. Mengapa demikian? Alasan yang kuat adalah di bibit di toko pertanian tersebut dari hibrida yang siap tanam. Selain itu bagi yang masih mencoba atau pemula tidak ribet lantaran belum mengetahui dengan detail jenis bibit cabe yang manis untuk dibudidaya.
Untuk harga satu bungkus beni cabe rawit isi 10 gram kisaran Rp12.000 hingga Rp30.000. Harga ini tergantung dari merek dan keunggulan masing-masing produsen benih.
2. Memilih benih cabai sendiri dari cabe kiloan
Cara ini lebih irit lantaran kita menentukan benih cabai sendiri. Tutorialnya adalah kita membeli cabe satu kilo di pedagang cabai. Pilihlah cabe rawit yang sudah benar-benar matang dan tua. Perhatikan ukurannya juga, Kaprikornus pilih cabai rawit yang ukurannya besar. sehabis kita dapatkan, lalu cabai tersebut di jemur hingga kering. Pisahkan kulit cabai dan biji cabai. Bibit cabe siap kita tanam.
3. menentukan bibit cabe dari hasil tumbuhan sendiri.
Bagi pemula rasanya tidak mungkin karena pemula yang orang baru menanam cabe. Cara ini manis bagi yang sudah biasa menaman cabe dan dikala itu sedang menanam cabai dan sudah pernah panen. Tutorial pemilihan benih ialah menentukan cabai dari hasil panen yang ketiga atau ke empat. Mengapa demikian? karena pada panen cabai yang ketiga atau keempat, isi cabai sudah benar-benar terisi atau padat. Pilihlah cabe yang ukurannya besar dan sudah tua. lalu cabai dijemur hingga kering dan pisahkan kulit cabai dan biji cabe.
 Cara Menanam cabai Rawit Lengkap
cara penyemaian bibit cabai rawit yang benar
2. Tutorial penyemaian beih cabai rawit yang benar
Cara membuat kawasan penyemaian adalah adonan tanah dengan kompos atau pupuk organik. Perbandingannya adalah cukup 2 : 1 (2 tanah, 1 kompos). Kedua bahan semaian itu diaduk-aduk dan ditaruh pada daerah yang datar. Diberi atap dari plastik atau yang lainnya biar tidak terkena sinar matahari langsung dan kucuran air hujan.
Siapkan benih cabai. Rendamlah benih cabai pada air biasa selama 6 hingga 8 jam. Tujuannya ialah untuk merangsang pertumbuhan binih cabe.
Sebarkan benih cabe di atas semaian secara merata. kemudian tutup semaian tersebut dengan sisa tanah semaian. Dalamnya kurang lebih 0,5 cm.
Perawatan semaian
Sirat tempat semaian cabe pada waktu pagi dan sore hari. semoga tidak merusak struktur semaian dan beih cabai, gunakan alat penyiram yang semprotan airnya lebih halus. Kalau tidak mampu menggunakan koran bekas. Makara potongan atas semaian ditutupi koran bekas lalu atasnya disiram air.
Benih cabe akan mulai tumbuh pada usia 5 atau 6 hari. Tunggu sampai usia bibit cabai dua minggu. Atau kalau tumbuhnya cepat, jikalau bibit cabai sudah tumbuh empat atau enam helai sudah bisa dipindahkan ke media tanam.
 Tutorial Menanam cabe Rawit Lengkap
cara mengolah tanah untuk kawasan penanaman cabe
4. Cara mengolah tanah
Ketika kita sedang menyiapkan untuk tempat semaian, kita juga menyiapkan tanah untuk penanaman nantinya. Kaprikornus ketika semaian kita sudah siap untuk ditanam, tanahnya juga siap ditanami. Tutorial mengolah tanahnya dengan dicangkul terlebih dahulu. Atau bisa juga dibajak.
Untuk kedalaman tanah cangkulan atau dibajak 30 cm hingga 40 cm. sehabis tanah cangkulan final, tanah ditaburi dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. sesudah itu biarkan semari kita menunggu semaian bibit cabe Jadi. Apabila tanahnya kurang subur, mampu juga ditambahkan pupuk urea dan pupuk KCl.
Ada pilihan, apakah daerah penanaman cabe diberi plastik hitam perak. Namun harga plasti ini relatif mahal. Tujuan dari diberikan plastik hitam perak ialah agar tingkat produktivitas tanaman cabe tinggi dan tanaman pengganggu atau gulma tidak dapat tumbuh.
Buatlah lubang untuk kawasan penanaman dengan jarak 50 cm hingga 60 cm. Buat menjadi dua baris dan buat dengan metode zig zag. Tujuan dari metode zig-zag (selang-seling) adalah biar tumbuhan cabe terkena sinar matahari secara merata dan nantinya tidak saling tumpang tindih dengan yang lainnya.

Cara memindahkan bibit semaian cabai
Jika Anda menggunakan polybag dari tempa semaian, lepaskan plastik semaian terlebih dahulu dan masukan bibit cabai bersama tanah bawaan semaian.
Jika Anda menggunakan semaian tanpa polybag, ambil semaian cabe yang telah siap dengan mengambil tumbuhan diikutkan tanahanya juga (hampir sama dengan daerah semaian polybag). Masukan ke dalam lubang penanaman cabe bersama tanah dari tempat semaian.
Tujuan dari diikutkannya tanah kawasan semaian ialah agar tanaman cabai praktis menyesuaikan diri dan mencegah ada akar yang putus.
penyemprotan cabai rawit dari hama
4. Cara merawat tanaman cabai rawit yang benar
Untuk penyiraman, perhatikan tingkat kelembapan tanah. jikalau tanahnya lembab, cukup dilakukan penyiraman dua hari sekali pada waktu pagi dan sore hari. Namun jikalau tanahnya mudah kering, lakukan penyiraman dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari dengan kadar air yang sedikit saja.
Setelah tanaman cabe daunnya mulai lebah, perhatikan apakah ada hama seperti hama wereng, ulat, dan jamur. kalau ada hama tersebut mampu disemprot dengan obat.
Amati juga ketika tumbuhan cabe mulai berbunga. Biasanya semut suka mengganggu sehingga bunga tersebut tidak menjadi cabe. bisa Anda semprot dengan menciptakan obat semprot organik. Yaitu dengan ekstrak bawang putih yang dicampur dengan air. kalau tidak, Anda mampu membeli obat semprot di toko obat.
Ketika tanaman cabe mulai berbunga atau sudah menjadi cabai yang kecil-kecil. Perlu perawatan yang intensif semoga mampu panen yang maksimal. Diantaranya ialah dengan rajin menyiram pada waktu pagi dan sore hari dengan jumlah air yang lebih banyak.
Selalu amati apakah ada hama atau tidak. bila terliha ada hama, mulai mengambil tindakan dengan menyeprot hama.
Apabila terlihat ketika tanaman cabai mulai berbunga namun terlihat tumbuhannya kurang subur, mampu dilakukan dengan pemupukan.

5. Cara memanen cabai rawit yang benar
Rabe rawit akan siap panen sesudah terlihat matang. bisa terlihat pada cabenya yang mulai membesar. Tanaman cabe mampu kita panen sehabis penanaman cabai kurang lebih 3 bulan. Untuk usia tumbuhan cabai rawit mampu mencapai dua tahun dengan masa panen hingga 18 kali.
Semakin lama usia cabai sampai 2 tahun, produksi cabe akan menurun. Semakin menurunnya usia cabai ketika usianya sudah 14 bulan. Maka rata-rata para petani cabe mulai mengganti bibit tanaman cabe pada usia 12 bulan hingga 14 bulan.
Setelah cabe sudah terlihat tua, bisa kita panen pada waktu pagi hari dari jam 6 hingga jam 10 pagi. Petik cabe beserta tangkainya.
Ciri-ciri cabe rawit yang berkualitas baik yaitu cabai rawit terlihat ramping, mulus, berisi atau padat dengan biji. bila kriteria tersebut terpenuhi, maka harga cabe rawit mampu mahal dari biasanya. Baca juga Panduan budidaya cabai rawit di polybag

0 Response to "Panduan Tutorial Menanam cabe Rawit Lengkap supaya Sukses Panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel