-->

Jenis-Jenis Pakan Lovebird dan Fungsinya

Hallo sahabat petani sukses. saat ini orang sudah banyak yang memelihara lovebird. Pada tahun 2008 sampai tahun 2011 harga lovebird masih terbilang mahal. Untuk harga lovebird jenis lutino saja sepasang yang sudah pernah produk mencapai 12 juta rupiah. ketika ini harga lovebird sudah jatuh namun relatif stabil.
Jenis-Jenis Pakan Lovebird dan Fungsinya
Bagi Anda yang masih pemula, jika ingin memelihara lovebird perlu memperhatikan jenis kulinernya. Harga pakan lovebird sangatlah murah dan dalam satu bulan saja sepasang lovebird paling hanya menghabiskan dengan biaya 10.000 saja. Murah sekali bukan?
Jenis-jenis pakan lovebird yang standar diberikan kepada lovebird adalah sebagai berikut:
1. Milet putih
Fungsi pakan milet putih ini seperti kuliner pokok lovebird. Makara kalau kita memberikan milet putih saja, lovebird bisa bertahan hidup. Selain kandungan karbohidrat pada milet juga terdapat protein dan mineral lainnya.
2. Kenari set
Kenari set atau kanari sit sama saja yah. Fungsi kenari set ini sebagai nutrisi tambahan. Tapi kandungan nutiris kenari set lebih tinggi daripada milet. Kenari set ini mampu diberikan setiap hari tapi dengan perbandingan 2 takar milet dan 2 takar kenari set. jika diberikan terlalu banyak pada lovebird bisa mengakibatkan lemat atau kegemukan pada lovebird. Kenari set ini mampu diberikan dalam jumlah yang banyak ketika indukan sedang meloloh anaknya. Hal ini bertujuan agar perkembangan anak lovebird bisa cepat besar.
3. Kangkung
Fungsi sayuran kangkung ini mampu menaikkan birahi lovebird. jikalau indukan tidak mau kawin artinya birahi lovebird tidak tinggi. agar mau kawin, mampu diberikan kangkung setiap hari. Ketika indukan sedang meloloh jangan diberikan kangkung. bila saat meloloh diberikan kangkung bisa menyebabkan lovebird yang sedang meloloh akan kawin dan bertelur. Pada akhirnya anaknya tidak dilolohi lagi sama induknya.
4. Jagung muda
Jagung muda ini bisa diberikan setiap satu ahad dua kali. Jagung muda sebagai nutrisi tambahan lantaran kaya akan protein. pertolongan jagung muda bisa diberikan setiap hari ketika indukan sedang meloloh anaknya. pinjaman jagung muda setiap hari pada lovebird yang bukan indukan mampu menyebabkan lovebird kegemukan atau nglemak. Untuk menghindari hal demikian cukup seminggu dua hari saja sumbangan jagungnya.
5. Kwaci atau biji bunga matahari
Pemberian kwaci ini mampu menyebabkan birahi lovebird naik. Kaprikornus sangat cantik untuk diberikan pada lovebird indukan biar mau kawin.
6. Pasir atau bata merah
Fungsi pasir ini bisa membantu pencernaan lovebird. Sama halnya pada binatang unggas seperti ayam juga kadang memakan pasir untuk membantu pencernaannya.
Racikan pakan lovebird untuk pakan sehari-hari
Saat ini penulis sedang beternak lovebird. Untuk pakan sehari-hari pada indukan yang sedang bertelur atau belum bertelur cukup diberikan milet putih dengan kenari set. Perbandingannya dua banding satu. Dalam seminggu dua kali atau dua hari diberikan jagung muda.
Racikan pakan lovebird yang sedang meloloh
Untuk pakan lovebird yang sedang meloloh anaknya, saya berikan kenari set dan milet putih perbandingannya dua banding satu. lalu saya sediakan di dalam kandang jagung muda setiap hari.
Racikan pakan lovebird biar mau kawin/ bertelur
Untuk indukan lovebird supaya mampu kawin lagi pakannya terdiri dari milet putih dan kenari set. Perbandingannya dua banding satu. lalu tambahkan dengan irisan kangkung setiap hari. sehabis indukan sudah bertelur hentikan derma kangkung.

0 Response to "Jenis-Jenis Pakan Lovebird dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel