-->

Keuntungan dan Kelemahan Ternak Lovebird Secara Koloni

Bagi sahabat tani yang masih pemula, Cara ternak lovebird dilihat dari segi sangkar ada dua macam. Kedua macam tersebut yaitu setiap kandang terdiri sepasang indukan lovebird dan ternak lovebird secara koloni. Kedua hal tersebut juga memiliki keuntungan dan kelemahan masing-masing. Berikut ini akan aku jabarkan dan Anda mampu menentukan mana yang lebih baik berdasarkan Anda.
Keuntungan ternak lovebird koloni
Berikut ini beberapa laba yang bisa teman petani sukses peroleh ketika ingin menangkarkan lovebird secara koloni.
1. Menghemat dana dan menghemat kawasan sangkar
Memang dalam membuat kandang koloni ini biayanya lebih murah dibandingkan kita membeli kandang satu persatu untuk indukan lovebird. Banyak para master lovebird yang membuat sangkar koloni karena indukan lovebird semakin banyak. Daripada gundah memilih daerah atau kawasannya terbatas mending dibuat ternak koloni dalam satu tempat saja.
Kalau kita lihat biayanya untuk satu kadang ternak saja harganya 130.000. kalau kita memiliki 10 indukan maka total biayanya mencapai 1.300.000 hanya untuk membeli kandang. Sedangkan untuk kandang koloni bisa menampung 10 pasang sampai 20 pasang indukan. Hal ini tergantung pada besar kecilnya sangkar koloni Anda.
2. Burung tidak praktis stres dan memiliki ruang gerak yang bebas
Lovebird yang ditangkar di sangkar koloni akan tidak mudah stres lantaran banyak temannya dan juga tidak terlalu sering kedangatangan orang yang melihatnya. Selain itu ruang gerak lovebird juga semakin bebas. Hal ini juga mampu menghindarkan pasangan lovebird mengalami kegemukan atau nglemak.
3. Kemudahan dalam memberi pakan dan minum
Kita akan menghemat waktu ketika menyampaikan pakan dan minum kepada burung. Dalam satu waktu sekaligus kita bisa menyampaikan pakan dan minum serta membersihkan kandangnya juga. Kalau kita ternak pada tiap kandang sepasang, kita akan membutuhkan waktu membuka sangkar satu demi satu dikala mau menyampaikan pakan ataupun minum. Usahakan setiap hari air minumnya diganti semoga tetap segar dan kondisi burung tetap sehat.
4. Jumlah telur yang menetas pada sangkar koloni lebih banyak
Jumlah telur yang menetas pada pada kandang koloni memang lebih banyak dibandingkan dengan tiap kandang satu pasang. sebab pada sangkar koloni burung tidak praktis stres dan memiliki ruang gerak yang lebar.
Kelemahan ternak lovebid secara koloni

Ada satu hal kelemahan yang sering terjadi pada sangkar koloni. Kelemahan tersebut adalah ketika ada burung yang sedang sakit mampu menular kepada temannya. Apalagi kalau sedang ada flu burung, kalau ada satu burung yang kena bisa menjalar pada burung yang lain. Untuk itu kita harus memikirkan antisipasinya.
Antisipasi penyakit lovebird pada ternak koloni
Sebagai antisipasi atau pencegahan penyakit yang menular pada lovebird yang lain kita bisa melakukan beberapa hal. Pertama adalah dikala kita melihat ada burung yang sedang sakit atau terlihat tidak sehat sebaiknya segera eksklusif diambil untuk dikarantina. tempat karantina bisa dikandang ternak atau kandang kapsul. Kita berikan vitamin atau treatment biar lovebird tersebut bisa sembuh. Kaprikornus setiap hari kita mampu memantau kandang koloni apakah pada hari itu ada burung yang sakit ataukah tidak.
Untuk mencegah timbulnya penyakit kita harus memperhatikan kebersihan sangkar. bisa setiap lima hari sekali atau seminggu sekali kita memberishkan sangkar koloni. Terutama adalah kotoran atau eek lovebird. kemudian air minum harus setiap hari diganti agar selalu fresh. Cek juga makanannya apakah masih banyak ataukah sedikit. Satu bulan sekali atau tiga ahad sekali kita berikan multivitamin pada lovebird agar tidak simpel terserang penyakit.

0 Response to "Keuntungan dan Kelemahan Ternak Lovebird Secara Koloni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel