-->

Cara membuat kandang Ternak Lovebird yang Baik

Kandang ternak lovebird yang baik dan proporsional akan menciptakan lovebird terasa nyaman. Lovebird yang terasa nyaman di dalam sangkar mampu bereproduksi dengan lancar sehingga pundi-pundi uang akan mengalir kepada pemiliknya. Berikut ini saya akan menyampaikan pengalaman saya selama memelihara lovebird sampai ketika ini. Alhamdulillah produksi ternak lovebird aku tetap lancar walau perawatannya sangat sederhana.
Cara membuat sangkar Ternak Lovebird yang Baik
contoh sangkar ternak lovebird kotak besi ukuran 60 x 40 x 40
Jika Anda mempunyai waktu untuk membuat sangkar, bisa membuat sangkar sendiri dan membutuhkan biaya yang relatif sedikit atau lebih murah dibandingkan kita membeli kandang ternak. Kalau aku eksklusif belum pernah menciptakan sangkar ternak lovebird. Tapi saya mempunyai rekan yang biasa membuat sangkar ternak lovebird baik untuk koloni maupun sangkar persangkar.
Cara menciptakan sangkar Ternak Lovebird yang Baik
contoh kandang koloni ukuran 1 m x 1 m x 2,5 m
Saya lebih memilih ternak lovebird perkandang satu pasang. Alasannya adalah pemantauan kesehatan lovebird lebih simpel, lalu tidak terjadi penularan penyakit kalau satu kandang satu pasang lovebird. Kalau ternak lovebird secara koloni, untuk pemantauan memang sedikit lebih susah, tapi urusan perawatan memang lebih mudah dan memberi pakan pun cukup sekali dalam satu kandang. Tapi kalau ada satu lovebird yang terkena penyakit biasanya simpel menular. Untuk mengantisipasi pada ternak lovebird secara koloni bila ada lovebird yang sakit segera diambil dan di karantina.
Ukuran standar ternak lovebird yang baik
Ukuran standar sangkar ternak lovebird yang banyak dijual di pasaran adalah ukuran 60 cm rx 40 cm x 40 cm. Artinya ialah panjang 60 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. lalu ukuran glodok lovebird biasanya 30 cm x 20 cm x 20 cm. acuan merek kandang ternak lovebird yang kualitasnya anggun ialah merek Sweet dan Best One. Harganya bervariasi di toko. Kalau di kawasan tinggal aku di Kota Tegal, harganya satu kandang lengkap dengan tangkringan dan kawasan makan minum Rp30.000. Harga glodok biasa Rp20.000 dan harga glodok kaca Rp35.000. Kaprikornus biaya atau modal satu sangkar lovebird fullset kurang lebih Rp150.000 hingga Rp165.000.
Ukuran kandang ternak lovebird secara koloni
Ukuran kandang koloni tidak ada yang baku. Yang penting di kandang koloni adalah kandangnya luas. Lovebird bisa terbang lebih bebas dibandingkan lovebird yang berada di kandang ternak kotak.
Teman-teman saya yang memelihara lovebird secara koloni ukurannya tidak ada yang sama. misalnya ukuran 2 m x 1,5 m x 1 m. Ukuran tersebut mampu dihuni oleh 5 pasang lovebird. Ada yang cukup besar lagi, contohnya 3 m x 2 m x 2 m. Ukuran kandang ini bisa menampung 15 -20 pasang lovebird. Baca juga Bentuk sangkar Koloni yang Baik
Penempatan sangkar lovebird
Sebaiknya penempatan sangkar lovebird bisa terkena sinar matahari. Selain itu sirkulasi udara juga anggun sehingga tidak pengap. kandang yang terkena sinar matahari bisa membunuh bakteri yang bisa menjadi karena lovebird sakit. Penempatan kandang lovebird mampu dilakukan di belakang rumah, depan rumah, atau di samping rumah. Usahakan tempatnya tidak sering dilalui oleh orang sehingga lovebird tetap tenang dan nyaman.
Perawatan sangkar dan perawatan lovebird
Setiap pagi hari usahakan air minum lovebird selalu diganti. Tujuannya semoga minumannya lebih segar. Ibaratnya kalau kita minuman yang segar tubuh terasa yummy dan akan sehat. Air minum yang sudah dua hari atau tiga hari sejatinya sudah terkontaminasi oleh basil atau virus. kandang lovebird dibersihkan 5 hari sekali atau seminggu sekali. misalnya membersihkan kotoran pada bagian bawah kandang atau kotoran yang melekat pada kandang. Perhatikan nutrisi lovebird juga. Sering diberi kuliner pelengkap atau Extra Fooding seperti jagung muda.

0 Response to "Cara membuat kandang Ternak Lovebird yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel