-->

Cara menciptakan Ternak Lovebird dengan sangkar Koloni

Cara menciptakan kandang koloni lovebird sangatlah simpel. Salah satu keuntungan ternak lovebird dengan kandang koloni yaitu harganya lebih simpel dibandingkan kita membeli banyak sangkar kotak untuk ternak lovebird. Selain itu perawatannya juga praktis dan membutuhkan waktu yang singkat. Namun disisi lain ternak lovebird secara koloni mempunyai kelemahan, kelemahan tersebut yaitu jika ada lovebird yang sakit, maka mampu menular ke lovebird yang lain. Untuk itu kita harus sering memantau kesehatan lovebird di kandang koloni.

contoh model kandang koloni lovebird

kayu reng
Ada beberapa hal yang harus disediakan sebelum Anda membuat sangkar koloni. Yang mulai dari pemilihan daerah dan materi atau alat apa saja yang kita butuhkan.
1. Pemilihan daerah
Tempat untuk meletakan sangkar koloni lovebird sebaiknya yang jembar atau dalam bahasa Indonesianya tidak sumpek. Pastikan lokasi peletakan sangkar sirkulasi udaranya yang cantik. Sirkulasi udara yang anggun membuat lovebird tidak mudah stres dan udara disekitarnya tidak pengap. Bahkan kalau bisa setiap pagi mampu terkena sinar matahari. kalau sangkar terkena sinar matahari, maka tidak ada kuman atau bibit penyakit yang menyerang lovebird. Letak kandang juga jauh dari tempat lalu lalang atau sering dilintasi oleh anggota keluarga.
Contoh peletakan kandang koloni yang cantik ialah di cuilan belakang rumah. Biasanya lebih aman dan tidak sering dilalui oleh anggota keluarga. Jadi peletakannya mampu di pojok belakang rumah. Kemudian penggalan atasnya bisa diberi luang agar sinar matahari bisa masuk. Peletakan kandang koloni di depan rumah biasanya lovebird akan simpel setres lantaran sering dilalui orang di sekitar sangkar. Selain itu kandang di depan rumah bisa rawan pencurian lovebird.
2. materi yang perlu disediakan
Sebagai kerangka kandang koloni, kita bisa menentukan bahan tersebut dari besi atau dari kayu. Kalau dari kayu, harganya relatif lebih praktis. Untuk ukuran kadang koloni 2 m x 2 m x 1,5 m (panjang 2 m, tinggi 2 m, dan lebar 1,5 m) paling membutuhkan dana Rp400.000 sampai Rp600.000. Bahan yang kita beli yaitu kayu reng atau yang kotak kecil, paku, dan kawat galvanis/ kawat ram. Anda tinggal memotong-motong kayu dan memakunya. teladan atau model kadang koloni lovebird bisa dilihat pada gambar di atas yah.

0 Response to "Cara menciptakan Ternak Lovebird dengan sangkar Koloni"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel