-->

Cara Mengatasi Lovebird Macet Bertelur

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi lovebird yang macet bertelur ialah segera melakukan perubahan pada kandang dan perubahan bantuan pakan. Selengkapnya simak saja berikut ini:
1. Perubahan sangkar
Kandang yang kotor dan glodok yang sudah usang tidak dibersihkan akan membuat lovebird tidak nyaman berada di dalam kandang. Untuk merawat kebersihakn kandang, setiap lima hari sekali atau setiap seminggu sekali, kandang harus dibersihkan. Kalau aku pribadi setiap lima hari wajib membersihkan sangkar. Dengan adanya interaksi kita sering memberishkan sangkar, maka lovebird akan terbiasa dengan kita sebagai pemiliknya.
Kemudian glodok sebaiknya juga dibersihkan. setelah dipakai dua kali untuk menetaskan telur, glodok harus dibersihkan dan diambil sarangnya. pembersihan glodok bisa dilakukan sesudah kita mengambil anakan lovebird yang mau kita loloh. Glodok mampu kita basuh dan dilakukan penjemuran. Tujuannya adalah supaya kutu atau kuman di dalam glodok bisa hilang. Kalau terlalu banyak kutu, maka bisa mengganggu kesehatan piyik atau anakan.
Kandang yang bersih dan nyaman akan menciptakan lovebird menjadi betah di dalam kandang. jika betah, maka lovebird bisa mau kawin lagi jikalau sudah birahi.
2. pemberian pakan
Jika lovebird sudah macet atau lama bertelur, kemungkinan lovebird tidak kawin. aku yakin kalau lovebird kawin maka akan bertelur. Makara bila lama tidak kawin, maka dipastikan sepasang lovebird tersebut tidak birahi. Makara yang kita lakukan adalah menaikkan birahi lovebird. Tutorialnya ialah dengan pemberian sayuran kangkung atau tauge. Yang paling ampuh dan terbukti ialah kangkung bisa menaikkan birahi lovebird. pinjaman bisa dilakukan selama seminggu atau dua minggu berturut-turut.
3. Adanya predator
Predator atau pemangsa lovebird seperti tikus atau kucing dapat mengakibatkan lovebird menjadi stres. Untuk itu kandang lovebird harus aman dari kucing dan tikus. jika lovebird sering merasa ketakutan, maka mampu saja lovebird tidak mau berproduksi.
4. Glodok sering dibuka
Kalau kita sering membuka glodok untuk mengecek lovebird sudah bertelur atau tidak dapat mengakibatkan lovebird stres atau ketakutan. Nah ketakutan inilah yang membuat lovebird tidak mau kawin atau bertelur. Jadi untuk mengecek sebulan dua kali atau sekali saja. saya sendiri waktu masih pemula juga sering membuka glodok, tapi indukan lovebirdnya beruntung tidak setres.
5. Extra fooding : jagung
Selama lovebird tidak bertelur atau mau bertelur, sebaiknya seminggu dua kali diberikan jagung muda. Fungsi jagung muda selain menambah protein mampu menstabilkan hormon lovebird. lalu kualitas sel telur betina dan kualitas sel jantan akan semakin cantik. Jadi bila terjadi kawin, sel telur mampu terjadi pembuahan dan lovebird akan bertelur.

0 Response to "Cara Mengatasi Lovebird Macet Bertelur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel