-->

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Di kolam Terpal

Salah satu ikan yang mudah dibudidayakan ialah ikan lele. Setiap hari banyak orang yang mengkonsumsi ikan lele sehingga prospek untuk bisnis sangat anggun. Kita mampu melihat olahan ikan lele setiap hari seperti di warung penyetan Lamongan, Lele Krispi, dan Warteg.

Jika Anda masih pemula, sebelum bergelut dengan bisnis ikan lele harus memiliki pengetahuan dasar Tutorial budidaya ikan lele. Pada artikel kali ini, kami akan mengatakan Cara budidaya ikan lele sangkuriang di bak terpal. Ikan lele sangkuriang memiliki keunggulan dibanding jenis ikan lele lainnya. Lele sangkuriang lebih cepat besar dibanding lele dumbo atau lele biasa. Pada usia 2,5 – 3 bulan lele sangkuriang sudah mampu dipanen sehingga prospeknya sangat baik.
Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Di kolam Terpal

Beberapa kelebihan budidaya ikan lele di kolam terpal :

1. Perawatannya lebih praktis seolah-olah mengganti air
2. Ikan lele terhindar dari predator ikan lainnya
4. mudah membuat bak dan menghemat lahan
3. Lele lebih berkualitas dan higienis

Persiapan kolam Lele

Terlebih dahulu menyiapkan terpal ukuran 4 x 6 m. Sediakan juga bambu dan tali untuk membentuk bak ikan dengan terpal. Bentuk bak lele dengan tinggi bak 70 cm. Untuk menghilangkan busuk plastik atau kandungan zat kimia yang ada di terpal, kolam diisi air hingga penuh dan biarkan selama 5 hari. setelah itu air dibuang dan diganti dengan air yang siap untuk pembesaran benih ikan lele.

Pemilihan Benih

Kita bisa membeli benih ikan lele sangkuriang di pasar ikan atau datang pribadi ke daerah pembenihan. Benih yang dijual untuk usaha pembesaran lele biasanya berukuran 5 – 7cm. Ukuran terpal 4 x 6 biasanya mampu menampung benih hingga 1000 ekor ikan lele.

Pemberian Pakan

Ikan lele merupakan hewan nokturnal atau hewan yang aktif pada malam hari. perlindungan pakan mampu dilakukan 3 hingga 4 kali. Pada pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Pada sore hari dan malam hari jumlah pakan yang diberikan harus lebih banyak. Pakan yang diberikan dari jenis pelet. Untuk memperoleh harga yang murah, kita bisa membeli satu sak pelet lele 50 kg. Untuk menekan biaya pakan lele dari jenis pelet, mampu memakai pakan alternatif seakan-akan bekatul, ampas tahu, dan sisa sayuran.

Pengelolaan Air

Jika di dalam bak banyak sisa pakan yang tidak habis dimakan lele maka bak praktis kotor. Apabila air di kolam sudah berbau, segera lakukan penggantian air. misalnya dengan membuang sepertiga atau separuh air yang ada di kolam lalu diganti dengan yang baru. Selama tiga bulan normalnya pergantian air dilakukan empat kali semoga lele terhindar dari penyakit.
Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Di bak Terpal

Masa Panen

Setelah lele berusia 2,5 – 3 bulan, lele sudah siap panen. Salah satu indikator budidaya atau pembesaran ikan lele yang telah kita lakukan berhasil bisa dengan melihat jumlah ikan lele perkilogramnya. Untuk 1 kg ikan lele pada usia 2,5 – 3 bulan berisi 9 – 12 ekor.
Demikianlah gosip seputar budidaya ikan lele sangkuriang di bak terpal, semoga bermanfaat :)

0 Response to "Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang Di kolam Terpal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel