-->

Perbedaan Lele Sangkuriang Dan Lele Dumbo

Saat ini budidaya ikan lele yang sedang berkembang ialah budidaya ikan lele sangkuriang. Ikan lele sangkurian sendiri berasal dari indukan lele dumbo yang orisinil. Sebelum membahas perbedaan lele sangkuriang dan lele dumbo, kita ketahui ciri-ciri dan asal-usul kedua lele tersebut.

Ciri-Ciri Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo asalnya dari Taiwan. Pada tahun 1985 lele dumbo di datangkan dari sana. Pemerintah yang berusaha untuk memperbaiki tingkat budidaya ikan lele yang lebih menguntungkan. 
Sebenarnya ikan lele dumbo ini berasal dari hasil persilangan antara lele Taiwan dnengan lele Afrika. Ikan lele dumbo lebih cepat besar dibandingkan dengan ikan lele lokal. Dalam waktu dua hingga tiga bulan saja lele dumbo ukurannya sudah seolah-olah ikan lele lokal yang umurnya satu tahun. Wooow cepat besar yah!
Warna ikan lele dumbo adalah hitam kehijauan. Ketika lele dumbo sedang stres atau ketakutan, warna tubuhnya berkembang menjadi bercak-bercak hitam atau putih. sesudah ikan lele dumbo terasa kondusif, warna tubuhnya menjadi hitam kehijauan. Patil pada lele dumbo tidak beracun seakan-akan ikan lele lokal yang beracu jikalau mengenai tangan. 
Ketika lele dumbo dipelihara di kolam tanah, ikan lele dumbo ini tidak menciptakan lubang. Sedangkan ikan lele lokal akan menciptakan lubang jikalau dipelihara di kolam tanah. Ikan lele dumbo juga lebih tahan terhadap penyakit dibandingkan ikan lele lokal. 

Ciri-Ciri Ikan Lele Sangkuraing

Asal-usul lele sangkuriang adalah dari indukan lele dumbo. Ikan lele sangkuriang ini hasil penelitian dari Departemen Kelautan dan Perikanan yang telah diresmikan pada tahun 2004. 
Awal mula adanya lele sangkurian ini lantaran ada keluhan dari para petani ikan. Kualitan lele dumbo yang sebelumnya dari Taiwan telah mengalami penurunan. Hal ini dimungkinkan karena faktor keturunan yang tidak orisinil. mampu saja indukan lele dumbo sudah persilangan yang kesekian kali sehingga sifatnya sudah berubah. alhasil pemerintah berupaya meningkatkan kualitan budidaya ikan lele dumbo dengan jenis lele sangkuriang. 
Ikan lele sangkuriang diperolah dari persilangan ikan lele dumbo dari generasi yang kedua (F2) betina dengan ikan lele dumbo generasi yang keenam (F6) jantan. Hal inilah yang menjadikan penamaan ikan lele dumbo ini dinamai dengan Ikan Lele Sangkuriang. derma nama tersebut dari cerita rakyat Jawa Barat bahwa seorang perjaka yang bernama Sangkuriang ingin mengawini ibunya sendiri.

Keunggulan ikan lele sangkuriang dibanding lele dumbo

Ikan lele sangkuriang lebih cepat besar dibandingkan ikan lele dumbo. Ketika memasuki kala bertelur, ikan lele sangkuriang dapat  menghasilkan telur sebanyak 40.000 hingga 60.000 butir. Lele sangkurian lebih kebal terhadap penyakit dibandingkan lele dumbo dan lele lokal. 
Ikan lele sangkuriang juga bisa bertahan hidup pada kolam ikan yang sedang sedikit airnya. Kualitas daging yang dihasilkan tidak lembek seolah-olah ikan lele dumbo. sehabis mengetahu ciri-ciri ikan lele dumbo dan lele sangkuriang, Anda pasti bisa menyimpulkan perbedaan lele sangkuriang dengan lele dumbo. supaya artikel ini bermanfaat :)

0 Response to "Perbedaan Lele Sangkuriang Dan Lele Dumbo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel