-->

Penyebab Telur Lovebird Disembunyikan Oleh Induknya

Kali ini saya akan membagikan isu wacana penyebab telur lovebird yang disembunyikan oleh induknya. Dalam hal ternak burung lovebird niscaya ada hambatan seperti indukannya lepas, indukan mati, indukan macet bertelur dan sebagainya. Kita ambil sisi positifnya saja kalau hambatan tersebut ada pada peternakan kita. Dari masalah tersebut kita Kaprikornus tahu kesalahan dan menjadi ilmu baru bagi kita yang bisa kita tularkan kepada teman sesama peternak lovebird yang masih pemula.

Sifat indukan lovebird berbeda-beda contohnya ada yang agresif dan kalem. saya sendiri pernah mempunyai indukan yang sangat badung. Kalau tangan aku mau mengganti air minum atau kuliner, pasti tangan saya akan di patuk. Tapi ada juga indukan yang kalem dan tetap damai walau aku mengganti minum atau pakannya.
Ketika indukan sedang bertelur, maka indukan tersebut akan terlihat saling menjaga di sekitar sangkar lantaran takut ada predator lain seperti tikus atau kucing yang mengintainya. lalu kalau kita mau melihat ke dalam glodok untuk melihat jumlah telur atau mengecek telurnya sudah menetas ataukah belum biasanya indukan akan mematuk kita karen takut akan diambil telur atau anaknya.
Telur Lovebird Disembunyikan
Penyebab telur lovebird disembunyikan
Jika indukan tersebut sering mendapat gangguan atau bahaya dari luar dari predator dan seringnya kita melihat ke dalam glodok, maka indukan akan merasa takut dan stres. Perasaat takut dan stres tersebut akan membuat indukan melaksanakan tindakan di luar nalar kita. contohnya indukan akan membuat telurnya, indukan akan menyembunyikan telurnya ke kepingan bawah sarang, dan kalau yang sedang meloloh indukan akan membunuh anaknya.
Penyebab lain mungkin secara tidak sengaja telur terkubur oleh sarang yang terlalu tebal. acara bolak-balik ke dalam glodok oleh indukan membuat telurnya sedikit demi sedikit telurnya tersembunyi ke dalam sarang.
Tindakan pencegahan
Kita jangan sering membuka glodok lantaran tipikal masing-masing indukan berbeda-beda misalnya ada yang berangasan, galak, dan hening. Sebagai alternatif kita menggunakan glodok dari beling saja supaya kita praktis menyelidiki ke dalam glodok dengan melihat dari luar sangkar saja mampu.
Selanjutnya menjaga suasana kandang bebas dari predator seakan-akan tikus dan kucing. Lovebird akan merasa ketakutan jikalau melihat tikus yang bersliweran dan takut dengan kucing.
Suasana lingkungan sangkar juga besar lengan berkuasa contohnya sekitar kandang ramai sering terdengar musik atau orang yang berlalu lalang menciptakan lovebird tidak merasa tenang. Sirkulasi udara juga diperhatikan semoga sangkar tidak pengap sehingga tidak timbul bibit penyakit dari basil.
Pemberian pakan selain pakan standar milet putih dan canari seed juga diberikan pakan tambahan seperti jaung muda, kangkung, kol, atau sayur lainnya. pelengkap multivitamin seperti merek Ebod Jos juga sangat baik untuk kesehatan indukan lovebird Anda.
Demikian yang mampu aku sampaikan mengenai penyebab telur lovebird disembunyikan oleh induknya dan tindakan pencegahannya. Semoga bisa bermanfaat untuk sahabat lovebird mania se nusantara.

0 Response to "Penyebab Telur Lovebird Disembunyikan Oleh Induknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel