-->

Pentingnya membuat data penangkaran bagi peternak lovebird yang masih pemula

Saat ini para peternak lovebird yang ada di daerah Solo dan Yogyakarta sudah menerapkan sistem data penangkarannya. Banyuaak sekali keuntungan yang diperoleh ketika ada data secara positif atau data manajemen yang telah dibentuk.
Beberapa keuntungan tersebut antara lain adalah
Pentingnya membuat data penangkaran bagi peternak lovebird yang masih pemula
contoh surat lahir lovebird
1. Hasil anakan lovebird dari peternakan kita tertata dengan baik secara administrasi.
2. Karena banyak anakan lovebird pada peternakan kita, kita mustahil hafal satu-satu dari umurnya. Dengan adanya data recording ini kita mampu tahu umurnya yang dilihat dari ring yang dipakai dengan nama ring yang ada di buku atau kertas catatan.
3. Kita bisa mengetahui sejauh mana hasil anakan lovebird prestasi yang kita miliki, anakannya apakah memalsukan dengan induknya ataukah tidak.
4. Pelanggan yang membeli anakan lovebird pada kita merasa puas dan percaya dengan apa yang kita jual. Hal ini lantaran kita tahu secara detail perihal lovebird yang kita miliki tersebut.
5. Usaha ternak lovebird kita semakin berkembang tentunya. mampu dijadikan patokan untuk hasil ternak ke tahun berikutnya.
Apa saja yang perlu dicatat?
Untuk mengetahui secara detail dari anakan lovebird kita secara simpel dengan pemasangan ring yang berbeda-beda. teladannya aku mempunyai nama ring AJIB kemudian belakangnya diikuti dengan nomor 001. Makara nama ring yang digunakan burung aku AJIB 001, selanjutnya pada burung lain AJIB 002 dan seterusnya. Makara kalau kita pesan ring sebaiknya nomor ringnya berbeda-beda. mampu ditambahkan nomor HP yang mampu dihubungi juga.

Jadi nama ring yang dipakai burung dicatat pada kertas khusus. misalnya seakan-akan surat kelahiran. oke secara singkat apa saja yang perlu dicantumkan aku ringkas sebagai berikut :
1. Nama Ring, misal AJIB 007
2. Tanggal lahir : 7 September 2017
3. Warna Lovebird : Lutino Mata Merah
4. Indukan : Lutino Mata Merah (J) X Cobalt (B) / Trah ngekek panjang 2 menit
Disini bisa disebutkan trah ngekek panjang
5. Prestasi Lomba : Juara 2 Latber Kota Tegal, Juara 1 Latber Kec. Kemantran, dan seterusnya.
Kalau sudah tercatat demikian kita akan praktis juga untuk memilih mana lovebird yang berprestasi dan yang tidak. Dalam penentuan harga pun juga kita tidak kebingungan ketika calon pembeli mau datang. Mungkin karena lovebird prestasi yang dimiliki kita banyak Kaprikornus bingun menentukan harga hehe.
Jadi dalam hal pencatatan data yang baik akan menimbulkan iman kita kepada konsumen. karena tidak munafik kita ingin hobi kita itu mampu menghasilkan uang yang berlimpah hehe. Pelanggan yang puas akan datang kembali dan bisa Kaprikornus akan menularkan informasi ini kepada teman-teman lainnya.

0 Response to "Pentingnya membuat data penangkaran bagi peternak lovebird yang masih pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel