-->

4 jenis pakan lovebird biar cepat birahi dan kawin


Berbicara keunikan burung lovebird tidak pernah ada habisnya. burung lovebird ini bisa dijadikan sebagai hiasan rumah dan bisa dilombakan dari bunyi dan kecantikannya. Banyak orang yang sudah sukses atau kaya dengan Tutorial beternak lovebird. Harga lovebird ditentukan oleh panjang bunyinya yang ngekek dan dari warnanya. Warna lovebird yang semakin unik dan jarang harganya paling mahal. Untuk harga lovebird yang paling rendah dari jenis hijau standar sedangkan harga lovebird yang paling tinggi dikala ini dari jenis biola dan opaline.
manfaat kangkung bagi lovebird
lovebird sedang makan kangkung


Banyak orang yang tergiur dengan laba yang tinggi dan kesudahannya ikut mencoba beternak lovebird. Melihat orang yang sudah sukses rasanya mudah sekali ternak lovebird. Tapi di belakangnya niscaya sudah merasa pahit dan manisnya dalam beternak lovebird. Memang dari para peternak yang membagikan ilmunya bahwa ternak burung yang paling praktis dan paling murah biayanya ialah beternak lovebird dibandingkan burung lokal maupun burung luar negeri.
Apa yang saya alami dulu waktu masih menjadi pemula memang dalam merawat lovebird itu simpel. Cukup diberi pakan milet, kenari seed, dan lainnya harga pakannya sangat terjangkau. bila dihitung biaya perawatan untuk satu ekor lovebird dalam satu bulan kurang lebih Rp10.000 – Rp15.000. murah sekali bukan? Nah jika memelihara indukan juga demikian murahnya.

Misalnya pemula ingin indukannya segera bertelur dan mengerami ternyata juga tidak simpel lho. kalau burungnya tidak kawin-kawin ya tidak akan bertelur. Kaprikornus ada trik tersendiri agar lovebirdnya mau kawin dan alhasil bertelur. Disini saya akan membagikan tips derma pakan lovebird agar cepat birahi dan bertelur. jikalau sepasang lovebird sudah birahi, maka dengan sendirinya lovebird akan kawin dan dinantikan seminggu ke depan biasanya sudah bertelur.
4 jenis pakan lovebird supaya cepat birahi dan kawin yaitu :
1. Kangkung
Sayuran kangkung ini banyak mengandung zat besi. Pada manusia yang mengalami penyakit anemia, dianjurkan untuk sering mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung. Namun ada mitosnya bila habis makan kangkung menjadi ngantuk. Apa benar? Haha kalau saya sehabis makan biasanya pribadi ngantuk hehe. Kan orang indonesia.
pakan lovebird semoga cepat birahi dan kawin
testimoni peternak yang cukup menggunakan pakan kangkung dan tauge
Jenis kangkung di Indonesia yang aku kenal ada kangkung darat dan kangkung air. Artinya kangkung darat biasa ditanam di media tanah sedangkan kangkung air ditanam di media tanah lembap seperti di sawah. Nah untuk jenis kangkung yang paling baik untuk lovebird ialah dari jenis kangkung darat. Mengapa demikian? karena kangkung darat lebih bersih dari bakteri yang ada di air. Selain itu kangkung darat teksturnya lebih lembut atau lemas dibandingkan kangkung darat yang cenderung kaku.
Pemberian kangkung pada indukan yang diterapi supaya naik birahinya diberikan setiap hari. Makara setiap dua hari sekali kangkung diganti dengan yang baru semoga lebih sehat. Sebaiknya kangkung dipotong-potong dan ditaruh dalam wadah khusus kangkung. Dari pengalaman, kangkung yang tidak dipotong-potong akan di bawa ke dalam glodok untuk dijadikan sarang lovebird. Sebelum diberikan pada lovebird, kangkung dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan di basuh. kalau lovebirdnya sudah mengerami, hentikan pinjaman kangkung ya.
pakan lovebird agar cepat kawin
kalau kangkung tidak dipotongi maka akan di bawa ke dalam glodok
Manfaat kangkung bagi lovebird:
Meningkatkan birahi lovebird jantan maupun betina
Untuk melancarkan pencernaan lovebird
Untuk mencegah stres pada lovebird
Mengandung berbagai vitamin yang diperlukan lovebird, khususnya bagi lovebird yang sedang bertelur.

2. Tauge atau kecambah hijau
Selain kangkung, ternyata tauge atau kecambah kedelai hijau juga bisa meningkatkan birahi lovebird. jika pada insan, kecambah mampu menyuburkan organ kandungan sehingga perempuan simpel hamil. Sama halnya pada burung lovebird, tauge ini juga sangat cantik dalam mematangkan organ reproduksi lovebird sehingga lovebird akan kawin. aku seringnya mencapur tauge dengan sayur kangkung. Jadi kangkung dipotong-potong kemudian saya campurkan tauge lalu diberikan kepada indukan lovebird.

3. Kwaci atau biji bunga matahari
Kwaci ini bisa dibilang camilan lovebird. Pada pakan yang dijual di toko-toko burung, biasanya ada adonan milet putih, kenari seed, fumayin, milet merah, dan kwaci. Tujuannya juga bisa meningkatkan birahi lovebird. Untuk burung lomba jangan diberikan kwaci lantaran bisa meningkatkan birahinya dan malah malas ngekek panjang. imbas dari kwaci ini masih kalah dibandingkan kangkung dan tauge.

3. Jagung muda
Kalau jagung muda juga pengaruh meningkatkan birahinya juga kecil. bila diberikan jagung muda secara sering akan mengakibatkan burung lovebird betina kegemukan. akhirnya lovebird betina nglemak atau nggajih. bila sudah kegemukan, lovebird betina tidak mampu bertelur. Sama halnya yang dialami oleh ayam yang kegemukan juga tidak mampu bertelur dan harus disembih saja hehe. Kaprikornus berikanlah jagung muda sebagai selingan. Seminggu cukup sekali saja. Tapi bila indukan lovebird sedang meloloh, setiap dua hari sekali jagung muda diberikan dan diganti dengan yang baru. Jagung muda kaya akan protein sehingga mengakibatkan anakan lovebird cepat besar.
Faktor lingkungan yang menunjang agar lovebird cepat birahi dan melaksanakan perkawinan
Selain dari keempat jenis pakan lovebird di atas, faktor lingkungan juga mempengaruhi lovebird kawin. Lovebird akan kawin kalau lingkungannya tidak ramai dan tidak sering terlihat oleh insan. Mungkin aib hehe. jika lingkungannya mendukung tidak ramai dan tidak ada predator seperti tikus, kucing ataupun ular, maka lovebird akan hening. jikalau kondisi lingkungan tenang, lovebird yang sudah birahi akan kawin. Seringnya peternak lovebird menciptakan rumah khusus untuk beternak lovebird. kalaupun tidak bisa kita tempatkan sangkar lovebird di bagian belakang rumah ataupun halaman rumah tapi yang sekiranya setpi dan tidak lalu lalang orang rumah.

0 Response to "4 jenis pakan lovebird biar cepat birahi dan kawin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel