-->

Kenapa lovebird tidak mau ngekek panjang lagi alias macet

Saat ini dunia lovebird benar-benar maju. Burung yang berasal dari Benua Afrika ini ternyata mampu dilombakan dari sege bunyi (ngekek) dan keindahan bulunya. Nah yang sering dikonteskan hampir tiap minggu diberbagai kawasan adalah lomba ngekeknya siapa yang paling panjang. ekspresi dominan masyarakat Indonesia begitu tinggi dalam memelihara lovebird. Ada lovebird prestasi yang dihargai mobil Alphard seolah-olah lovebird dengan nama Kusumo.
Penyebab lovebird macet bunyi - Bagi yang suka bermain gantang lovebird (kontes suara) pastinya pernah atau sedang mengalami perkara bila lovebirdnya yang semula ngekeknya bisa panjang dan sering tapi sekarang malahan macet bunyinya. Atau barangkali Anda yang membeli lovebird kekean yang sudah prestasi datang-tiba setelah di tangan kita tidak ngekek panjang lagi seperti di tangan pemilik pertama. oke kali ini aku akan fokus mengupas pada penyebab lovebird macet bunyi
1. Usia burung sudah semakin renta
Seperti halnya seorang petinju memiliki kurun usia emas dalam meraih kemenangan. Sama halnya lovebird juga demikian ialah memiliki usia dimana ngekekya mampu panjang. Bagi para pemain gantangan lovebirdnya yang sudah macet dan sudah tidak mampu disetting lagi maka di pensiunkan dan masuk dalam sangkar ternak untuk menghasilkan anakan-anakan trah juara. Anakan lovebird trah juara ini akan bernilai jual tinggi dibandingkan anakan lovebird biasa (non trah jawara).
Usia emas lovebird mampu ngekek panjang mulai umur 6 bulan hingga dengan 18 bulan. sahabat saya yang memiliki lovebird ngekek panjang karenanya macet bunyi pada umur 2 tahun dan kini mau ditangkarkan untuk menghasilkan trah juara.
2. Lovebird mengalami obesitas
Kalau lovebird kekean kita berjenis kelamin betina, maka bila kegemukan pada belahan dada ataupun bersahabat anus akan terlihat menggembung (terlihat lemaknya). Baca juga cara menghilangkan lemak pada lovebird lantaran kegemukan. Nah lemak tersebut akan kelihatan sebagai tanda kegemukan. kalau sudah seolah-olah itu biasanya lovebird akan malas bunyi. Lovebird juga terlihat tidak lincah lagi. Biasanya Lovebird Mania akan menyampaikan pakan yang standar saja sebagai upaya untuk mengurangi lemaknya.
3. Salah perawatan
Sudah saya singgung di atas jikalau kita membeli lovebird prestasi lalu setelah di tangan kita lovebirdnya tidak ngekek panjang seakan-akan di tangan pertama. Nah penyebab utamanya adalah salah perawatan dan salah penanganan selama pemeliharaan. Hendaknya setelah kita beli burung prestasi tersebut kita meminta diam-diam perawatannya sehingga lovebirdnya bisa ngekek panjang. jika kita sudah mengetahui acuan perawatan dari pemilik sebelumnya maka kita bisa menjaga lovebird tersebut semoga terus mempertahankan ngekek panjangnya. Untuk awal-awal memang butuh penyesuaian dengan lingkungan yang gres. Tapi bila dari pola pemandian dan pemberian pakan kita bisa meminta resepnya kepada pemilik pertama. Semoga berhasil yah!

4. Lovebird mengalami over birahi dan stres
Pada umur 10 – 12 bulan lovebird akan mulai mengalami birahi. jika dari pakannya banyak mengandung protein yang tinggi atau diberi sayuran kangkung maka bisa mengakibatkan over birahi. Nah kalau sudah seperti itu maka lovebird akan malas berbunyi. Solusi lain biasanya dicarikan jodohnya atau diturunkan birahinya tanpa mencarikan jodoh. bisa juga lovebird yang stres lantaran tidak cocok dengan lingkungan sekitar. Mungkin lantaran sering melihat tikus atau kucing yang berusaha menakutinya.
5.  Lovebird mengalami mabung
Ada beberapa lovebird umur satu tahunan ada yang sudah mengalami mabung yang pertama. seakan-akan ayam bangkok kalau sudah menjadi pacek (indukan) akan mabung atau berganti bulu yang gres. jikalau sedang mabung lovebird akan cenderung macet bunyi. Selama mabung sebaiknya disediakan pakan yang baik dan jangan lupa diberi vitamin biar mabungnya cepat final.
6. Lovebird sedang sakit
Pasti di kalangan Lovebird Mania gaco atau jawara lovebird nya pernah macet lantaran sedang sakit. jika terlihat seakan-akan ngantukan atau dadanya nyilet segera saja diberi vitamin yang sudah banyak dijual di toko-toko burung terdekat.
Oke demikianlah ada 6 penyebab yang sering dialami oleh Lovebird Mania yang gaco jawara prestasinya mengalami macet bunyi. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.

0 Response to "Kenapa lovebird tidak mau ngekek panjang lagi alias macet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel