-->

Pertanyaan : Pejantan lovebird mati saat betina sedang mengerami

Ada pertanyaan yang masuk melalui WA saya dari Ibu Eva yang tidak menyebutkan dari mana asalnya. Ibu Eva ini seorang peternak lovebird dan memiliki kendala. sesudah indukan lovebird mengerami telur selama 14 hari, indukan jantan lovebird ditemukan mati. Apakah nantinya indukan betina bisa meloloh piyikan lovebird? Begitulah kira-kira pertanyaan dari bu Eva.
indukan lovebird jantan mati
Pada dasarnya indukan yang mengerami telur lovebird ialah indukan betina. Pejantang tidak mengerami telur. jikalau yang sudah berpengalaman akan terlihat lovebird jantan jarang berada di dalam glodok pada siang hari. Ya sering masuk ke dalam glodok juga tapi tidaklah usang. Lovebird jantan sering terlihat juga berada di atas glodok. Artinya indukan jantan yang berusaha membuat situasi aman atau melindungi indukan betina yang sedang mengerami.
Kemudian lovebird jantan ini akan meloloh indukan betina yang sedang mengerami. Jadi indukan betina akan jarang keluar dari glodok dan tetap fokus mengerami telurnya sampai 21 hari. Terkadang indukan betina juga akan keluar dari glodok untuk buang kotorannya dan terlihat sesekali untuk makan. Tapi umumnya lovebird jantan yang akan menyuapi atau yang memberi makan lovebird betina selama mengerami induknya.
Saran kepada Ibu Eva:
Berkaitan dengan pertanyaan di atas apakah nantinya lovebird betinanya bisa meloloh induknya?
Jawaban:

Iya lovebird betina akan tetap mampu meloloh anaknya namun akan kewalahan seiring dengan perkembangan piyikan lovebird yang makin besar. Saran aku yaitu setelah anakan menetas umur tiga atau lima hari sebaiknya piyikan diambil saja dan diloloh oleh kita. Takutnya indukan betina tidak mampu untuk meloloh beberapa anakan lovebird.
Pilihan yang pertama anakan diambil semua sehabis telur menetas. sesudah anakan diambil, lovebird di tempatkan di kandang bulat diisitirahatkan. Selanjutnya sering dimandikan dan di jemur. setelah dua minggu bisa dicarikan jodoh kembali.
Kemudian pilihan yang kedua ialah kita mengembil satu atau dua anakan lovebird. contohnya yang menetas adalah tiga ekor anakan, maka yang kita ambil ialah dua ekor anakan yang akan diloloh oleh kita. Nah yang satu ekor anakan mampu diloloh oleh induknya hingga besar. supaya jawaban ini bisa bermanfaat untuk lovebird mania J

0 Response to "Pertanyaan : Pejantan lovebird mati saat betina sedang mengerami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel