-->

Cara Memelihara Kelinci Hias Bagi Pemula

Cara memelihara kelinci hias – Pada tahun 2014 aku memiliki 4 ekor kelinci hias jenis rex. Dari pengalaman selama beternak kelinci, saya akan mencoba menyebarkan ilmu kepada sahabat-teman yang ingin menggeluti hobi memelihara kelinci. Semoga dari pengalaman aku mampu bermanfaat untuk sobat di rumah.
Cara memelihara kelinci hias bagi pemula
kelinci rex black other kesukaan saya
Kenapa saya menentukan kelinci hias jenis Rex? alasannya kelinci hias Rex ini perawatannya sangat simpel. Selain simpel juga harganya kalau dijual tidak mengecewakan tinggi. Bulu Rex yang sangat halus seperti karpet dan bentuk badannya yang terlihat gempal ini menjadi kelebihan tersendiri dibanding jenis kelinci hias lainnya. menurut aku, kelinci rex ini sama bandelnya dengan kelinci lokal atau “kelinci jawa”.
Berikut ini akan aku kupas satu persatu ihwal Tutorial merawat kelinci bagi pemula :
1. memilih kelinci
Cara memelihara kelinci hias bagi pemula
kelinci rex usia dua bulan
Sangat hati-hati ketika menentukan kelinci. Kalau kita membeli di sangkar langsung kita bisa dipilihkan oleh sang pemilik kelinci yang benar-benar sehat. Berbeda dengan penjual yang jualan di pasar, mereka terkadang ada yang menutupi kekurangan kelinci yang mereka jual.
Tipsnya jika sahabat mau membeli pribadi di pasaran mampu memilih kelinci yang “gira” atau lincah, memiliki bola mata yang memancar, dan pilih kulitnya yang bersih, terutama higienisnya pada penggalan anusnya. Kalau terlihat kotor takutnya mampu bekas diare atau sedang diare. lantaran penyakit yang sudah disembuhkan pada kelinci yaitu diare yang mampu mengakibatkan kelinci mati.
Bagi pemula sebaiknya membeli kelinci yang sudah disapih dari induknya. Namun usia sapih kelinci rata-rata adalah usia 45 hari dan masih rentan. Sebaiknya teman membeli kelinci yang usianya minimal sudah dua bulan saja. Usia segitu sudah cukup untuk mengikuti keadaan dengan cuaca yang ada di rumah sobat begitu juga sudah bisa menyesuaikan jenis kulinernya.
2. sangkar yang bersih
Cara memelihara kelinci hias bagi pemula
kadang kelinci yang bersih
 Usahakan kadang kelinci setiap hari bersih. Apabila kita memberi makan pada pagi hari kemudian sore hari tidak habis, maka sisa kuliner kelinci tersebut khususnya makanan dari dedaunan sebaiknya dibuang saja. lalu pada pagi harinya kita juga membersihkan sisa dedaunan yang tidak habis di sangkar beserta kita membersihkan kotorannya.
3. Perhatikan makanan
Jika sobat tidak ada uang cukup untuk membeli konsentrat kelinci, bisa dengan mencari rumput di hutan atau membeli sisa sayuran di pasar. Untuk kulinernya jangan yang terlalu banyak mengandung air. menurut saya, jenis sayuran yang murah dan praktis di dapat yaitu kangkung. bila kangkungnya masih segar, hendaknya kangkung di keringkan atau dijemur beberapa jam terlebih dahulu sampai layu. Hal ini dimaksudkan semoga kelinci tidak mudah terkena diare.
Kalau makanan dari bahan konsentrat yang kering sudah dijamin dari pabriknya dan mampu langsung diberikan kepada kelinci.
4. Minuman kelinci jangan telat
Untuk tempat minuman, sahabat bisa membeli sendiri seolah-olah botol minuman khusus kelinci yang digantung. Hal ini supaya kelinci tetap sehat dan tidak kekurangan air minum. Untuk kelinci yang masih muda seolah-olah usia satu bulan hendaknya air minumnya diberi gula merah sedikit saja.
5. Pencahayaan yang cukup
Jika sobat menaruh sangkar kelinci di dalam rumah, sebaiknya saat pagi hari sekitar satu atau dua jam kelinci mampu dipanaskan. Tujuannya adalah biar kelinci sehat dan basil yang ada disangkar kelinci bisa mati.
Begitu juga pada kandang yang permanen, sebaiknya kandang terkena pencahayaan matahari yang cukup agar sangkar kelinci tidak pengap. Kalau pengap mampu bisa menyebabkan kelinci praktis terkena penyakit.
6. Isi kandang
Jika kelincinya sudah mulai dewasa atau sekitar 4 bulan, sebaiknya kelinci dipisah satu kandang satu kelinci. Hal ini agar pertumbuhan kelinci mampu maksimal dan bulu-bulu kelinci tetap halus. Kalau masih dicampur, usia kelinci yang semakin dewasa biasanya bisa laga. Selain itu dicampur terus mampu kawin dini. Kelinci yang kawin dini akan menghasilkan keturunan yang tidak anggun.
7. Mengenal jenis penyakit kelinci yang sering muncul
Ada dua hal penyakit yang sering dialami oleh kelinci yaitu diare dan buduk/ kudisan. Untuk mencegah diare, sebaiknya kuliner kelinci yang dari dedaunan yang sudah layu atau kering. Untuk mencegah kelinci buduk, kadang kelinci harus selalu bersih.
8. Memotong belahan tubuh kelinci
Pada kelinci tertentu mempunyai kuku yang panjang. teman bisa memotong kuku kelinci yang panjang tersebut dengan gunting yan tajam.
9. sangkar yang kondusif
Pastikan kandang kelinci sobat aman dari gangguan kucing dan anjing. kandang benar-benar harus yang besar lengan berkuasa untuk menghindari dari kedua jenis binatang predator kelinci tersebut.
contoh kandang kelinci yang aman dari besi
 Demikianlah penjelasan mengenai cara memelihara kelinci hias yang sempurna bagi pemula. aku sendiri awalanya dulu pernah memiliki sepasang kelinci lokal kemudian mati ya lantaran belum tahu Cara merawat kelinci yang benar itu seakan-akan apa. setelah mencoba lagi memelihara mampu meminimalisir kematian.

0 Response to "Cara Memelihara Kelinci Hias Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel