-->

Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula

Cara beternak lovebird – Burung lovebird merupakan burung orisinil dari kawasan Afrika Selatan dan Kepulauan Madagaskar. Lovebird mulai ramai di Indonesia sekitar tahun 2010. Semakin kesini di tahun 2016 sudah banyak orang yang mempunyai lovebird. Harga burung lovebird relatif stabil seolah-olah harga burung murai. Tutorial memeliharanya pun sangat simpel karena makanannya biji-bijian dan sayuran. Banyak kisah orang yang sukses dalam beternak lovebird yang mempunyai keuntungan jutaan rupiah perbulan. 
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
sepasang lovebird
Penulis sendiri ketika ini memiliki sepasang lovebird warna hijau standar. Alhamdulillah tanggal 1 September 2016 telur yang diangkremi oleh indukan sudah ada yang menetas satu ekor. Memang dalam pemeliharaannya sangat praktis. Biaya pakan juga tergolong sangat murah. Berikut ini akan saya rincikan bagaimana Tutorial beternak lovebird yang baik bagi pemula yang saya peroleh dari para master ternak lovebird, ketika ini aku juga sedang mempraktekannya dan berhasil.
Panduan Tutorial beternak lovebird bagi pemula :
1. Membeli sepasang lovebird
Jika Anda ingin beternak, tentu membeli sepasang lovebird. Ada tips untuk membeli sepasang lovebird yakni belilah lovebird yang sudah pernah produksi (telurnya menetas). lantaran bisa saja sepasang lovebird jenis kelaminnya bisa betina semua. Betina kawin dengan betina bisa bertelur lho. Tapi kalau betina dengan betina telur yang dierami tidak mampu menetas lantaran telurnya fertil. Kaprikornus usahakan membeli sepasang yang sudah pernah produksi biar nanti kita pelihara mampu produksi.
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
2. Membeli sangkar ukuran ternak lovebird atau membuatnya sendiri serta menyiapkan glodok.
Anda bisa membeli sangkar yang biasa dipakai untuk ternak lovebird. Biasanya sangkar yang kotak ada yang nomor satu, nomor dua, dan nomor tiga. aku memakai ukuran yang sedang ialah nomor dua. Untuk nomor satu menurut saya terlalu besar. Anda juga bisa membuat sangkar sendiri di rumah dengan membeli kawat galvanis di toko besi. Sediakan juga di dalam sangkar dengan glodok sebagai tempat lovebird bertelur dan berlindung di dalamnya.
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
3. Cara memberi pakan
Jenis pakan lovebird yang saya gunakan ialah jenis biji-bijian yang terdiri dari MILET dan KENARI SET dan jenis sayur seperti KANGKUNG dan JAGUNG. aku tidak pernak menggunakan jenis pakan yang lain. seakan-akan para master lovebird juga hanya menggunakan jenis pakan tersebut. Alhamdulillah produksi lancar. Usahakan setiap hari mampu mengganti air minumnya dengan air yang matang. Setiap dua hari sekali atau tiga hari sekali mengecek pakan lovebird apakah sudah habis atau masih banyak. derma air minum dengan air yang matang juga bisa menjaga lovebird tetap sehat. Fungsi kangkung disini bisa meningkatkan birahi lovebird sehingga burung mampu kawin dan akan bertelur. setelah burung sudah bertelur atau telurnya sudah menetas, jangan diberikan kangkung terlebih dahulu.
Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula
anakan lovebird usia satu bulan

4. Menjaga kebersihan kandang
Agar burung tetap sehat dan betah, bersihkan sangkar setiap 5 hari sekali. Kalau waktu Anda terlalu sibuk, bisa semunggu sekali. Kalau aku pribadi setiap 5 hari sekali memberisihkan sangkar.
5. Perawatan lovebird ketika bertelur
Ketika burung lovebird Anda sudah mulai bertelur bisa diperhatikan jenis pakannya. Pakannya sangat sederhana yaitu cukup diberikan milet putih dan kenari set. Dengan perbandingan miletnya 2 takaran dan kenari setnya 1 dosis.
anakan lovebird usia tiga minggu
6. Perawatan lovebird ketika telurnya menetas
Burung lovebird akan mengerami telurnya selama 21 hari hingga dengan 30 hari. Kadang ada telur yang menetas setelah dierami 21 hari atau juga setelah 27 hari. Pokoknya rentang waktu 30 hari. Telur lovebird ini tidak menetas secara bersamaan, Makara inilah salah satu keunikan burung lovebird. setelah telurnya menetas, biarkan indukan yang meloloh anaknya selama 15 hari. Di dalam sangkar sediakan pakan barupa milet ukuran satu takar dan kenari set ukuran dua takar. lalu tambahkan dengan dukungan jagung muda.
Demikianlah pembahasan yang singkat ini tentang Cara beternak lovebird bagi pemula. Semoga mampu bermanfaat bagi teman pencinta lovebird. saya berpesan, jagalah pakan lovebird dan kebersihakn sangkarnya serta gantilah air minum lovebird setiap hari. insyaAllah burung akan produksi dengan lancar lantaran kita perhatikan dengan baik. Baca juga cara mengatasi lovebird yang nglemak

0 Response to "Cara Beternak Lovebird yang Baik bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel