-->

Cara Membedakan Perkutut Jantan Dan Betina

Cara membedakan perkutut jantan dan betina lebih mudah dibandingkan membedakan lovebird jantan dan betina. Pasalnya burung lovebird terkadang tidak sesuai dengan prediksi. Kalau perkutut prekdiksi kita mampu mencapai 90 persen. Bagi pemula yang memelihara perkutut tentu sedikit sulit membedakannya. Bagi peternak mampu melihat dari segi fisik perkutut. Kalau Anda tidak yakin, bisa bertanya kepada peternaknya secara eksklusif. aku pribadi lebih merekomendasikan kalau Anda ingin beternak perkutut lebih baik membeli di peternakan daripada membeli di pasaran atau ombyokan.
Cara Membedakan Perkutut Jantan Dan Betina
Cara Membedakan Perkutut Jantan Dan Betina

Berikut cara membedakan perkutut jantan dan betina :
  • 1. Prediksi perkutut jantan dan betina yang paling akurat mencapai 90 persen adalah dengan meraba pada serpihan supit udang (bahasa jawanya cupit urang). Caranya adalah dengan memegang perkutut dengan tangan kiri. lalu daerah supit udang yang berada di bawah dubur di raba dengan jari telunjuk. Jari telunjut di arahkan dari ekor menuju ke pecahan dubur. Kalau cuilan supit udang terasa keras dan lebih sempit maka bisa diprediksikan perkutut tersebut berjenis kelamin JANTAN. Sedangkan jika jari telunjuk yang kita rasakan itu terasa lebih lebar dan empuk atau tidak keras, perkutut diprediksikan betina 99% insyaAllah. Oya dengan memprediksikan metode ini sebaiknya perkutut minimal sudah berusia 4 bulan. Kalau perkutut masih 1 atau 2 bulan masih susah diprediksi.
  • 2. Setelah kita merasakan kepingan supit udang pada perkutut. Cobalah perhatikan pada bagian kepala perkutut, tepatnya mengamati pecahan paruhnya. Kalau paruh perkutut terlihat lebih besar maka perkutut tersebut jantan. Sedangkan bila paruhnya terlihat kecil dan memanjang, bisa diprediksikan perkutut betina.

Baja juga Tutorial Menjodohkan Perkutut Lokal dengan Lokal
Jadi ada dua hal yang lebih akurat dalam membedakan perkutut jantan betina yaitu dengan melihat supit udang pada penggalan bawah dubur dan melihat bentuk paruhnya. Kemudian kita juga bisa memprediksikan perkutut jantan dan betina tanpa memeganya secara pribadi. Tapi harus ada pembandingnya, kalau melihat perkutut hanya satu ekor saja, itu masih susah kecuali bagi para master ternak perkutut. Cara ini kalau kita melihat perkutut ombyokan atau dalam satu kandang banyak perkutut. Caranya sebagai berikut :
  • 1. Perkutut betina bentuk badannya lebih kecil dibandingkan perkutut jantan
  • 2. Pada serpihan paruh perkutut jantan warna putihnya lebih mayoritas dibandingkan perkutut betina.
  • 3. Pandangan perkutut jantan lebih tegas sedangkan pandangan perkutut betina terlihat tidak tegas atau sayu.

Demikianlah cara membedakan perkutut jantan dan betina. Ilmu tersebut aku peroleh eksklusif dari master ternak kemudian aku praktekan sendiri juga. supaya bisa bermanfaat J

0 Response to "Cara Membedakan Perkutut Jantan Dan Betina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel