-->

Cara mengatasi telur lovebird tidak bisa keluar (Egg Binding)

Kemarin ada pertanyaan masuk dari teman yang masih pemula. ia memiliki masalah bahwa lovebird yang sedang bertelur tapi tidak mampu keluar. perkara ini dikenal dengan nama egg binding dimana telur tidak bisa keluar dari indukan karena bermasalah pada kanal telurnya. masalah tersebut bisa karena bisul, lovebird kegemukkan, telurnya terjepit, dan telurnya yang ukurannya terlalu besar. Memang jarang dijumpai oleh peternak. aku pribadi hingga ketika ini belum pernah mengalami hal tersebut, alhamdulillah. masalah egg binding terjadi pada semua jenis burung bahkan unggas seakan-akan ayam dan bebek pun ada yang mengalaminya.
Cara mengatasi telur lovebird tidak bisa keluar (Egg Binding)
Cara mengatasi egg binding
Berdasarkan pengalaman sahabat saya yang burung lovebirdnya mengalami kesusahan untuk mengeluarkan telurnya bisa dilakukan terapi yang cukup praktis. sahabat saya ini mengolesi minyak goreng pada potongan anus atau kloaka lovebird. Anda bisa menggunakan cotton bud (korekan kuping) yang telah diolesi minyak goreng atau minyak zaitun lalu pribadi dimasukkan ke dalam anus lovebird hingga terasa menyentuh telurnya. Tutorial ini dilakukan hingga 4 kali memasukkan minyak goreng ke dalam kloaka lovebird. setelah itu lovebird mampu langsung dijemur selama 1 jam. Pada siang harinya dilihat ke dalam glodok, ternyata telurnya sudah bisa keluar dan ternyata ukuran telur yang susah keluar tadi ukurannya lebih besar dibandingkan telur lain yang sudah dikeluarkan.

Cara mencegah egg binding
1. Sebaiknya dalam menjodohkan lovebird umurnya yang sudah mapan. contohnya umur 1 tahun lovebird baru dijodohkan. karena pada usia tersebut semua organ reproduksinya sudah matang atau telah siap.
2. Pemberikan pakan mungkin juga dampak. saya yang belum pernah mengalami hal tersebut, saya biasa menyediakan pakan egg fooding (pakan aksesori) seakan-akan jagung muda, kangkung, sawi putih, sawi hijau, kol, dan wortel. Kaprikornus selain pakan utama ada milet putih dan canary ada pakan pemanis tersebut. Dalam satu minggu divariasi atau bergilir. Jangan lupa juga untuk mengganti minum lovebird setiap hari dengan air yang sudah matang.
Demikian informasi yang mampu saya sampaikan ihwal Tutorial mengatasi telur lovebird tidak bisa keluar. agar mampu bermanfaat bagi rekan yang masih berguru dalam beternak lovebird.

0 Response to "Cara mengatasi telur lovebird tidak bisa keluar (Egg Binding)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel